Terkait Penanganan Bencana, Mensos Dapat Apresiasi dari OECD
Kamis, 11-04-2024 - 17:55:34 WIB
Mensos dapat apresiasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapat apresiasi dari Direktur Tata Kelola Public Elsa Pilichowski, terkait pengalaman Indonesia dalam menangani bencana. Apresiasi itu diberikan saat Risma menjadi pembicara pembuka hari kedua Forum Infrastruktur Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) di Paris, Rabu (10/4/2024).

Elsa mengatakan permasalahan bencana di Indonesia sangat kompleks, tapi pemerintah mampu dan detail dalam melakukan penanganan.

"Sangat banyak pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman Indonesia, yang sangat detail dan mampu mengatasi permasalahan bencana yang kompleks sebagai negara kepulauan," tutur Elsa, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/4/2024).

Menurut Elsa, negara-negara OECD harus saling belajar dari Indonesia. Indonesia jadi salah satu negara yang bisa dicontoh dan dipelajari terkait upaya penanganan bencana.

"Negara-negara anggota OECD harus belajar bersama untuk menghadapi tantangan yang akan datang. Kita bisa belajar salah satunya dari Indonesia," ujarnya.

Hal yang menjadi perhatian adalah upaya Kementerian Sosial memberikan solusi terkait penanganan trauma healing yang melibatkan banyak pihak. Mulai dari perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga tokoh agama.

Sementara itu, hal lain yang mendapat apresiasi adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat korban bencana yang telah menggraduasi sekitar 38 Keluarga Penerima Manfaat dari Kemiskinan.

Diapresiasi pula pembentukan command center secara digital. Integrasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memungkinkan command center untuk menggerakkan sumber daya Kementerian Sosial, dari pemberian perintah ke direktorat-direktorat di Kementerian Sosial dan 37 UPT (sentra dan balai besar) sampai ke Tagana dan Pendamping Sosial.

Dalam forum tersebut, banyak peserta dari luar negeri yang langsung mengajak diskusi Risma, bahkan ingin belajar dari Indonesia.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Terkait Penanganan Bencana, Mensos Dapat Apresiasi dari OECD
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved