Beberapa Jenis Buah dan Sayur Bagus Dikonsumsi Penderita Gula Darah
Jumat, 29-03-2024 - 18:00:53 WIB
Tomat
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Beberapa jenis buah dan sayur bisa membantu menurunkan gula darah, meski tidak ada buah yang benar-benar mampu menurunkan glukosa darah, karena bagaimanapun juga, buah mengandung gula.

Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah tetap rendah seperti yang dilansir dari Eat This Not That dan Healthline.

1. Jeruk
Jeruk utuh adalah pilihannya. Skor indeks glikemik jeruk utuh yang tepat telah diperdebatkan, tergantung pada varietasnya, tetapi termasuk dalam kategori rendah antara sekitar 33 dan 52. Dengan vitamin C anti-inflamasi dan banyak antioksidan lainnya, ditambah serat yang cukup, jeruk dapat jadi pilihan untuk penderita gula darah. 

2. Kurma
Kurma tidak terlalu rendah gula. Ahli gizi menyarankan, daripada makan kurma segenggam penuh, disarankan menggunakan kurma sebagai pemanis alami dalam makanan seperti makanan yang dipanggang dan smoothie.

Tidak seperti pemanis olahan, kurma tidak akan membuat gula melonjak. Memilih kurma dibanding pemanis lain yang kurang bergizi, konsumsi kurma kita akan mendapatkan peningkatan serat, magnesium, dan potasium.

3. Blackberry
Blackberry memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah yaitu 25. Ini adalah skala yang mengukur seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan gula darah. 

Menurut Mayo Clinic, makanan dengan skor 1 hingga 55 adalah GI rendah, makanan yang berada di peringkat antara 56 dan 69 adalah GI sedang, dan 70-plus adalah GI tinggi. 

Skor rendah blackberry berarti buah ini tidak akan meningkatkan gula darah sebanyak buah GI tinggi seperti mangga atau anggur.

Selain angka glikemik yang rendah, blackberry sarat dengan serat. Penelitian menunjukkan diet tinggi serat dapat memerangi resistensi insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Apel
Apel memiliki banyak manfaat untuk gula darah. Selain kandungan seratnya yang besar dan skor GI yang rendah, apel kaya akan polifenol stau senyawa antioksidan yang dapat membantu merampingkan kadar gula

Apel.juga dapat membantu merangsang produksi insulin dan menjaga gula darah agar tidak melonjak atau turun

5. Brokoli
Sayuran ini mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.  

Sulforaphane dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase. Keduanya terkonsentrasi di brokoli.  

Penelitian atas hewan dan manusia menunjukkan, ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.  

6. Labu dan biji labu  
BBerwarna cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan, labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah. Faktanya, labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara, seperti Meksiko dan Iran.  

Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.  Perawatan dengan ekstrak dan bubuk labu telah terbukti secara signifikan menurunkan kadar gula darah pada penelitian pada manusia dan hewan.  

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana labu utuh, seperti saat dipanggang atau dikukus, bisa bermanfaat untuk menurunkan gula darah.  

Sementara biji labu dikemas dengan lemak dan protein sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah juga.  Sebuah studi pada 2018 terhadap 40 orang menemukan, mengonsumsi 2 ons atau 65 gram biji labu mengurangi gula darah pasca makan hingga 35% dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

7. Tomat
Tomat rendah pada skala GI dan rendah karbohidrat, sehingga tidak akan meningkatkan glukosa darah secara signifikan.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Jenis Buah dan Sayur Bagus Dikonsumsi Penderita Gula Darah
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved