KPU Kumpulkan Anggota Daerah Bahas Gugatan Sengketa Hasil Pemilu 2024
Minggu, 24-03-2024 - 22:35:43 WIB
Hasyim Asy’ari
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membahas gugatan sengketa hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 pada malam ini, Minggu (24/3/2024). Demikian disampaikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari, seusai melakukan pelantikan anggota KPU Daerah 38 provinsi di gedung KPU di Menteng, Jakarta.

Menurut Hasyim, anggota KPU tingkat daerah dikumpulkan untuk rapat membahas persiapan menghadapi gugatan sengketa Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Malam ini sekitar pukul 20.30 WIB, kami kumpulkan KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk mempersiapkan perselisihan hasil Pemilu di MK. Kami juga sudah menyiapkan sejumlah advokat yang nanti akan jadi kuasa hukum KPU," kata Hasyim.

Meskipun tidak semua KPU tingkat daerah bersengketa dalam Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari lalu, Hasyim mengatakan pihaknya akan tetap harus melakukan persiapan.

"Berdasarkan pemantauan kami sampai dengan pukul 17.00 WIB ada 2 perkara untuk perselisihan hasil pemilihan presiden. Kemudian ada 259 perkara untuk DPR/DPRD, dan 12 perkara untuk DPD. Kami tentu saja sebagai pihak yang menjadi termohon dalam Pemilu, tentu saja kami harus mempersiapkan segala sesuatunya,” ujar Hasyim.

KPU mengaku belum menerima salinan gugatan dari daerah yang memiliki sengketa. Menurut Hasyim, sejauh ini KPU hanya berpatok pada laman pengajuan sengketa yang dikeluarkan oleh MK.

"Kami kan membaca dari website atau laman MK. Karena kan MK mengupdate dan memutakhirkan data tentang ada berapa perkara dan perkara nomor berapa. Nanti setelah mendaftar ke MK, mereka akan memeriksa apakah layak disidangkan atau tidak. Sambil menunggu itu, kami rasa perlu melakukan persiapan,” kata Hasyim.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • KPU Kumpulkan Anggota Daerah Bahas Gugatan Sengketa Hasil Pemilu 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved