Pj Gubri Minta Stok Kebutuhan Pokok Dipantau Secara Berkala Saat Ramadhan
Jumat, 08-03-2024 - 18:59:08 WIB
Pj Gubri SF Hariyanto
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Penjabat(Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto mengatakan, memasuki bulan suci Ramadhan  masyarakat kerap dihadapkan pada persoalan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran, khususnya di Provinsi Riau.

Fenomena ini katanya, sedikit banyak dipengaruhi oleh inflasi. Pada Februari 2024 telah terjadi inflasi year on year (y-on-y) Provinsi Riau sebesar 2,86 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,40 lebih tinggi dari inflasi year on year (y-on-y) Nasional sebesar 2,75 persen.

"Ini untuk menjadi kewaspadaan kepada kita semua, perlu langkah konkret terhadap pengendalian inflasi di Provinsi Riau, terutama dalam menghadapi bulan Ramadan dan Idulfitri," kata SF Hariyanto di Pekanbaru, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya, di Provinsi Riau, daerah inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Kampar, sebesar 4,63 persen dengan IHK sebesar 108,56, dan terendah terjadi di Tembilahan sebesar 1,76 persen dengan IHK sebesar 104,00.

"Menanggapi hal tersebut, tentu kita perlu melakukan upaya untuk menjaga ketersediaan bahan pokok dan keterjangkauan harga oleh masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, Pj Gubernur Riau meminta kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, Bupati/Walikota, Forkopimda Kabupaten/Kota, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Bulog, asosiasi pengusaha, asosiasi peternak agar dapat melakukan pemantauan.

"Kami mohon bantuannya agar melakukan pemantauan secara berkala terhadap ketersediaan stok barang kebutuhan pokok terutama pada daging, telur, beras, gula pasir, cabe bawang dan minyak goreng," pintanya.

"Kami meminta agar segera TPID Kabupaten/Kota melakukan kegiatan seperti operasi pasar, gelar pangan murah, sidak pasar," imbuhnya.

SF Hariyanto juga mengimbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga.

"Begitu juga dengan BBM, kami meminta kepada Pertamina untuk memastikan ketersedian stok BBM dan LPG serta pastikan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam mengendalikan inflasi, Pemprov Riau telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menggelar pasar murah di kabupaten/kota di Riau.

Bahkan beberapa waktu lalu Pemprov Riau telah menggelar pasar murah di kabupaten kota yang ada di Riau. Operasi pasar ini dilaksanakan sejak 27 Februari lalu hingga 5 Maret. Pemprov Riau melalui Disperindag Provinsi telah menyalurkan beras, beras, telur, gula, minyak goreng, dan tepung.

Untuk tahap awal operasi pasar murah sudah dilaksanakan di Kabupaten Kampar, Meranti, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Siak, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi. Tahun ini Pemprov Riau menganggarkan Rp1,3 miliar untuk kegiatan pasar murah di Riau selama satu tahun. Disperindagkop UKM Riau menargetkan pasar murah dilaksanakan di 64 lokasi.**/ian/adv




 
Berita Lainnya :
  • Pj Gubri Minta Stok Kebutuhan Pokok Dipantau Secara Berkala Saat Ramadhan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved