Tata Cara dan Adab Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan
Kamis, 07-03-2024 - 18:11:39 WIB
Kuburan
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Ziarah kubur adalah tradisi yang dilakukan dengan mengunjungi makam orang yang sudah meninggal dunia. Biasanya yang dikunjungi adalah makam orang tua, suami, istri, anak, kakak atau adik, yang sudah tiada.

Saat ziarah kubur, biasanya umat Islam akan memberikan doa kebaikan untuk mereka yang sudah meninggal duni, dengan membacakan doa. Terkadang juga disertai dengan menabur bunga dan menyiramkan air ke kubur orang yang dikasihi.

Lalu bagaimana cara melakukan ziarah kubur? Berikut tuntunannya.

1. Ucapkan salam

Bacaan salam yang bisa dilafalkan adalah: Assalamu'alaikum dara qaumin mu'minin wa atakum ma tu adun ghadan mu ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun

Artinya:
"Assalamu'alaikum. Hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insya Allah akan menyusul kalian."

2. Istigfar

Setelah mengucapkan salam, umat Muslim juga disarankan untuk membaca kalimat istigfar: Astagfirullah hal adzim alladzi la illaha illa huwal hayul qoyyumu wa atubu ilaihi.

Artinya:
"Aku mohon ampuh kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3. Membaca surat-surat pendek

Adapun beberapa surat dalam Al-Qur'an yang dibaca saat ziarah kubur adalah: Surat Al-Fatihah (3x), Surat Al-Ikhlas (3x), Surat Al-Falaq (3x) dan Surat An-Nas (3x).

4. Membaca surat Yasin

Disarankan juga membaca surat Yasin saat ziarah kubur atau disebut bersifat fadha'ilul 'amal. Artinya, membaca surat Yasin adalah amalan utama yang dilakukan untuk tujuan kebaikan.

5. Doa Ziarah Kubur

Tata cara ziarah kubur selanjutnya adalah membaca doa. Ada doa ziarah kubur yang bisa dibacakan saat sedang berkunjung ke makam orang yang kita kasihi. Berikut bacaan doa ziarah kubur tersebut:

Allahummagfirlahu war hamhu wa 'aafihii wa'fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi madholahu, waghsilhu bii maa'i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.

Artinya:
"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

6. Tidak duduk dan berjalan di atas kuburan

Saat ziarah kubur jangan duduk atau berjalan di atas kuburan. Ini dilakukan untuk menghormati arwah yang tinggal di dalamnya. Dalam Islam, menghormati jenazah sama dengan menghormati orang yang masih hidup.

Hal ini juga diriwayatkan dalam sebuah hadis.

Artinya:
"Dari Abu Hurairah RA, Ia berkara, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, 'Seandainya seseorang duduk di atas bara api sehingga membakar pakaiannya sampai kulitnya, itu lebih baik baginya dibandingkan duduk di atas kuburan." (HR Muslim)

7. Menyiram kuburan dengan air

Menyiram kuburan dengan air dan bunga-bunga adalah sunah. Cara ini dilakukan agar kondisi jenazah yang berada di dalam kuburan tetap dingin.

Hal ini juga diriwayatkan dalam sebuah hadis.

Artinya:
"Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW menyiram [air] di atas kuburan Ibrahim, anaknya dan meletakkan kerikil di atasnya." (HR Abu Daud)

Demikian antara lain tata cara ziarah kubur, bersama doa dan surat-surat Al-Qur'an yang bisa dilantunkan.**/zie/int




 
Berita Lainnya :
  • Tata Cara dan Adab Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved