10 Cara Diet Sehat untuk Membantu Mengecilkan Perut
Sabtu, 02-03-2024 - 17:53:56 WIB
Foto ilustrasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Memiliki perut yang ramping bukan hanya soal penampilan tapi juga kesehatan. Lemak visceral yang terkumpul di perut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Karena itu mengecilkan perut menjadi tujuan banyak orang.

Ada banyak cara untuk mengecilkan perut buncit, baik dengan cara medis maupun alami. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan menentuan menu untuk dikomsumsi. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

1. Kurangi Asupan Kalori

Cara mengurangi asupan kalori dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Ini menjadi kunci utama untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Pilih makanan yang rendah kalori. Dianjurkan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

Mengutip Healthline, kurangi 500 sampai 1.000 kalori per hari untuk mencapai target penurunan berat badan 0,5-1 kg per minggu. Kini juga ada banyak aplikasi yang dapat membantumu menghitung kalori dan melacak kemajuan diet turun berat badan.

2. Perbanyak Protein

Perbanyak konsumsi protein karena protein membantu membangun dan memelihara massa otot yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi protein 25-30% dari total kalori harian.

Pilih sumber protein yang sehat seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan telur. Tambahkan protein setiap kali makan. ni akan membantumu merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

3. Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah, dan ubi jalar dicerna lebih lambat dan membantu menjaga kadar gula darah stabil. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

Saat menjalani cara diet sehat mengecilkan perut, coba batasi konsumsi makanan olahan dan tepung putih. Makanan ini tinggi kalori dan rendah nutrisi.

4. Konsumsi Serat

Serat membantumu merasa kenyang lebih lama dan dapat mengurangi asupan kalori. Konsumsi 25 sampai 35 gram serat per hari dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Pilih buah dan sayuran yang kaya serat, seperti apel, pisang, pir, brokoli, bayam, dan wortel merupakan pilihan yang baik.

5. Batasi Gula dan Lemak Jenuh

Gula dan lemak jenuh dapat meningkatkan penyimpanan lemak di perut. Batasi konsumsi gula tambahan hingga 25 gram per hari dan lemak jenuh hingga 13 gram per hari. Ini setara dengan sekitar 6 sendok teh gula.

Pilih lemak sehat, gunakan minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan sebagai sumber lemak utama. Batasi konsumsi makanan yang digoreng dan makanan olahan. Makanan ini tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Cara diet sehat mengecilkan perut dengan ekstra air putih. Minum air putih dapat membantu kamu merasa kenyang dan membantu tubuh membakar kalori. Minumlah minimal 8 gelas air putih per hari.

Minum air putih sebelum makan: Ini dapat membantu kamu merasa kenyang dan makan lebih sedikit.
Hindari minuman manis. Soda, jus buah, dan minuman energi tinggi kalori dan gula.

7. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak yang penting untuk kesehatan tubuh. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi lemak perut. Bunda dapat mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam bentuk ikan, kacang-kacangan, atau suplemen asam lemak omega-3.

8. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Tidurlah 7 sampai 8 jam per malam.

Buatlah jadwal tidur yang teratur. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Untuk bisa tidur tepat waktu, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Matikan elektronik dan jaga agar kamar tidur kamu tetap gelap dan sejuk.

9. Kelola Stres

Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang mendorong penyimpanan lemak di perut. Lakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk membantu mengelola stres.

Luangkan pula waktu untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai. Membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai dapat membuatmu rileks. Hindari kafein dan alkohol yang dapat memperburuk stres.

10. Olahraga Teratur

Olahraga membantu membakar kalori dan membangun massa otot. Lakukan olahraga kardio dan latihan kekuatan minimal 30 menit per hari.

Pilih aktivitas yang disukai. Ini akan membantu kita tetap termotivasi untuk berolahraga secara teratur. Tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Seiring waktu, tingkatkan durasi, intensitas, atau frekuensi latihan.**/zie/walipop




 
Berita Lainnya :
  • 10 Cara Diet Sehat untuk Membantu Mengecilkan Perut
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved