Ketua Umum PWI Baca Puisi di Pantai Ancol Menjadi Warna HPN 2024
Jumat, 09-02-2024 - 20:21:58 WIB
Hendry Ch Bangun
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Di antara begitu padatnya acara yang dihelat dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, terdapat acara baca puisi yang digagas Ketua Umum PWI, Pusat Hendry Ch Bangun.

Baca puisi akan digelar bersama pengurus, PWI Provinsi, kabupaten/kota dan berbagai penyair dari kalangan wartawan yang diadakan malam hari di Pantai Ancol, Minggu 18 Februari 2024. Acara baca puisi itu dijadwalkan berlangsung di Selasar Candi Bentar Ancol, pukul 19.30-21.00 WIB.

“Kegiatan baca puisi ini amat bagus, menjadi pewarna HPN 2024 yang fokus pada bidang jurnalistik,” kata Ketua Umum PWI Hendry Ch Bangun, yang hobi menulis puisi.

Hendry menguraikan, Kamis, dalam membaca puisi, umumnya membuat peserta perpikir keras agar cara berekspresinya di panggung sesuai isi puisi dan enak dinikmati.

“Intonasi, gaya, ekspresi wajah, bagi yang biasa mungkin mudah tetapi bagi pembaca awam, ini bukan perkara biasa. Saya berharap tema-teman berani ikut serta agar acara itu meriah,” tutur Hendry, jebolan Fakultas Sastra UI 1982 dan sudah menerbitkan beberapa buku puisi.

Sastra berupa puisi dan cerita pendek, bukan merupakan hal asing bagi anggota PWI seluruh Indonesia, karena dalam setiap HPN selalu menerbitkan antologi puisi dan cerpen karya wartawan dari berbagai daerah.

Pada HPN 2024 diadakan juga lomba baca puisi audio-visual dan para pemenangnya adalah juara umum pertama Adnan Guntur (Surabaya), disusul Sri Ayu Pradnya Larasari (Denpasar) juara kedua dan Sihar Ramses Simatupang (Jakarta) sebagai juara ketiga.

Sedangkan juara harapan pertama SMAN 1 Samarinda dan harapan kedua Bambang Karyawan Ys (Riau). Para pemenang tersebut mendapat hadiah berupa uang dan pemenang pertama direncanakan hadir dalam pembacaan puisi malam hari di Ancol, Jakarta.

Ketua Panitia Anugerah PWI dan Lomba Puisi Audiovisual HPN 2024, Dheni Kurnia, menambahkan, dalam acara baca puisi wartawan 18 Februari 2024 di Ancol itu, akan dimeriahkan juga dengan pembacaan puisi penyair kondang Sutardji Calzoum Bachri.

“Semoga Bang Tardji tidak berhalangan datang ke Ancol untuk memeriahkan acara wartawan sekali dalam setahun itu,” kata Dheni.

Dheni menambahkan, sekarang banyak wartawan yang menulis puisi bahkan sebagian sudah jadi penyair. “Makanya saya berharap akan banyak yang datang untuk membacakan puisi di Ancol,” katanya.

Salah seorang koordinator acara baca puisi, Benny Benke, menjelaskan, para pembaca puisi bebas membawakan puisi karya siapa saja. “Yang penting bernuansa membangkitkan semangat kerja dan semangaat kebangsaan bagi kita semua,” ujarnya.

Hari lahir PWI ke-78 pada 9 Februari diperingati Jumat di kantor PWI Pusat dengan  acara potong tumpeng dan doa, sementara acara puncak HPN diadakan di Ancol Jakarta pada 20 Februari 2024 dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Jokowi.

Berbagai acara diadakan dalam memeriahkan HPN 2024, di antaranya seminar, bakti sosial, rakernas, penanaman mangrove, pembagian 1000 bibit pohon untuk masyarakat, konferensi kerja nasional, dan beragam kegiatan lainnya. **/ril




 
Berita Lainnya :
  • Ketua Umum PWI Baca Puisi di Pantai Ancol Menjadi Warna HPN 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved