Mabes Polri Larang Polisi Hadiri Acara Peserta Pemilu untuk Jaga Netralitas
Selasa, 14-11-2023 - 15:09:53 WIB
Polisi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Mabes Polri menerbitkan sejumlah larangan terhadap seluruh anggota Korps Bhayangkara, terkait penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, untuk memastikan netralitas Polri dalam kontes demokrasi lima tahunan itu.

"Netralitas Polri dalam pemilu 2024 diatur dalam UU Nomor 2 tahun 2022 Pasal 28 Ayat 1 yang berbunyi; menyatakan Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam politik praktis," Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, seluruh anggota kepolisian juga dilarang ikut membantu proses deklarasi yang dilakukan seluruh paslon dan tim pemenangannya masing-masing. Anggota Polri juga dilarang menghadiri atau menjadi pembicara atau narasumber pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye dan pertemuan partai politik maupun komunitas relawan.

Anggota Polri, kata Ramadhan, hanya boleh ada di kegiatan itu dalam rangka melakukan pengamanan yang disertai surat perintah tugas.

"Dilarang mempromosikan, menanggapi dan menyebarluaskan gambar, foto bakal pasangan calon, baik melalui media massa, media online, media sosial," jelasnya.

Larangan lainnya, seluruh anggota Polri juga tidak diperbolehkan memberikan dukungan dan keberpihakan dalam bentuk apapun kepada partai politik maupun pasangan calon.

Lebih lanjut, mereka juga dilarang menjadi pengurus, anggota tim sukses pasangan calon dan juru kampanye, serta memberikan fasilitas dinas maupun pribadi guna kepentingan politik.

Sebagai anggota Polri, Ramadhan mengatakan mereka juga telah dilarang menggunakan hak pilih. Selain itu netralitas anggota juga ditekankan dengan tidak memihak dan memberikan dukungan materiil maupun immateril kepada salah satu pasangan calon dan partai politik.

"Dilarang memberikan komentar, penilaian, mendiskusikan pengarahan apapun berkaitan dengan pasangan calon kepada keluarga atau masyarakat," tegasnya, dilansir CNNIndonesia.com.**/ara






 
Berita Lainnya :
  • Mabes Polri Larang Polisi Hadiri Acara Peserta Pemilu untuk Jaga Netralitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved