Ayo ke Pulau Pandan, Rumah Penyu Hijau di Kota Padang
Senin, 13-11-2023 - 14:47:25 WIB
Penyu Hijau
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pulau Pandan merupakan pulau eksotis yang terletak di sisi barat Kota Padang, atau berada dalam Taman Wisata Perairan (TWP) Pieh. Pulau ini menjadi rumah bagi ratusan ribu penyu yang dilindungi, terutama penyu hijau.

Pulau Pandan menjadi salah satu tempat penangkaran penyu semi alami yang dikelola Kementerian Ke­lau­­tan dan Perikanan (KKP). Pulau dengan luas sekitar 16 hektar tersebut masih asri dengan pasir yang berwarna putih.

Berkunjung ke Pulau Pandan, selain disapa oleh keeksotisan pasir dan pohon kelapa, kita juga akan diperkenalkan dengan penangkaran penyu yang dikelola oleh Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi LKKPN karena telah mengelola taman konservasi penyu di Pulau Pandan ini dan mengajak masyarakat agar bersama melestarikan dan melindungi penyu.

"Terima kasih LKKPN Pekanbaru yang telah bersama mengawasi serta melestarikan penyu di Pulau Pandan. Tidak lupa kita imbau masyarakat agar mengunjungi pulau yang masih asri ini, ini taman konservasi serta wisata yang merupakan aset kita bersama," katanya.

Sementara itu Koordinator penangkaran penyu Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru Ilham mengatakan, sejak tahun 2018 total telur penyu yang berhasil diselamatkan oleh LKKPN Pekanbaru berjumlah sebanyak 122 ribu.

Dari jumlah itu, sekitar 90 persen berhasil jadi penyu yaitu penyu lokal dan didominasi penyu hijau. Sekitar bulan Mei, Juni, Juli setiap tahunnya akan menjadi pendaratan penyu terbanyak dan rilis terbanyak.

"Biasanya akhir tahun akan mengalami penurunan," kata Ilham saat mendampingi Wali Kota Padang Hendri Septa mengunjungi penangkaran semi alami di Pulau Pandan itu, dikutip dari Kominfo, Senin (13/11/2023).

Terlihat dalam penangkaran itu, dituliskan berbagai informasi. Diantaranya, nomor sarang, jenis penyu, jumlah telur yang ditemukan di pesisir, tanggal ditemukan, dan prediksi atau waktu perkiraan menetas.

"Biasanya dalam 60 hari bakal menetas. Tapi ini tergantung kondisi panasnya pasir, adanya yang perkiraan kita bakal menetas dalam dua hari ke depan, namun sudah menetas satu atau dua hari yang lalu," katanya.

Kondisi penetasan telur penyu juga tergantung cuaca. Jika curah hujan tinggi, maka penetasan juga akan semakin lambat.

"Penyu melakukan pendaratan dominannya saat malam hari, sekitar pukul 02.00 atau 03.00 pagi. Nanti sekitar pukul 04.00 hingga 08.00 akan kita cek dan pindahkan ke penangkaran, lalu diberi tanda," tutur Ilham.

Dalam pengumpulan telur penyu, tim penangkaran penyu LKKPN yang merupakan warga lokal Kota Padang akan menyisi pantai dari utara ke selatan.**/syf





 
Berita Lainnya :
  • Ayo ke Pulau Pandan, Rumah Penyu Hijau di Kota Padang
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved