Kerusuhan Penjara di Ekuador Tewaskan 79 Orang
Kamis, 25-02-2021 - 15:46:39 WIB
TERKAIT:
   
 

CUENCA - Kerusuhan serentak di empat penjara Ekuador Rabu (kemaren) menewaskan 79 orang. Jumlah ini diketahui setelah pihak keluarga narapidana mendatangi lokasi penjara untuk mengetahui kabar kerabatnya, dalam kerusuhan yang membuat sejumlah narapidana dipenggal dan dibakar.

Seperti dilansir AFP, Kamis (25/2/2021) Otoritas Badan Pengelola Penjara Pemerintah, SNAI, mengatakan telah merebut kembali kendali atas empat penjara yang sempat rusuh. Pasukan militer dikerahkan untuk membantu meredakan kerusuhan.

SNAI mengatakan, 37 tahanan telah tewas di dua penjara di kota pelabuhan barat Guayaquil, 34 tahanan tewas di penjara Cuenca Selatan, dan delapan tahanan tewas di kota Latacunga. Beberapa tahanan lainnya terluka, begitu pula sejumlah pejabat polisi.

Ombudsman Hak Asasi Manusia (HAM) Ekuador mengatakan tingkat kekerasan di penjara Ekuador itu digambarkan sebagai "pembantaian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Ekuador menyerukan penyelidikan segera dan tidak memihak atas kejadian itu. Pihaknya juga akan memberi sanksi kepada mereka yang bertanggung jawab dan sebuah manajemen krisis akan dilakukan sesuai aturan konstitusi dan instrumen hak asasi manusia internasional.

Di penjara Turi di Cuenca, dilansir dari detik.com, kendaraan pribadi yang membawa peti mati mulai berdatangan sejak Rabu pagi (24/2/2021).

Di antara pihak keluarga yang datang, seorang pria bernama Rolando mendatangi penjara. Ia datang untuk mengambil jenazah seorang anggota keluarga, tapi selama berjam-jam ia belum mendapat informasi dari polisi dan tentara yang berjaga.

"Tidak ada yang memberi tahu kami apa pun, tidak ada yang ingin memberi tahu kami atau memberi kami nama orang-orang yang tewas," kata pria berusia 45 tahun itu.

Menurut SNAI, tidak ada sipir atau polisi yang tewas dalam kerusuhan yang terjadi.

"Saya tidak pernah melihat situasi seperti kemarin," kata Ana Arpi, yang memiliki toko makanan di dekat pintu masuk utama penjara.

"Banyak senjata api, pisau, parang, ponsel dan narkoba disita," kata jaksa setempat Carlos Vaca. "Senjata-senjata itu digunakan dalam agresi di antara para tahanan," imbuhnya.**

 




 
Berita Lainnya :
  • Kerusuhan Penjara di Ekuador Tewaskan 79 Orang
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved