Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata
Rabu, 01-11-2023 - 15:54:25 WIB
Ubi jalar
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Mata sangat penting dijaga kesehatannya. Salah satu caranya dengan mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E dan betakaroten, zeaxanthin, omega 3, dan zinc. Mata juga membutuhkan
nutrisi dan mineral, serta memiliki sifat antioksidan.

Jenis makanan tersebut berdasarkan penelitian, bisa mencegah sejumlah masalah kesehatan mata seperti katarak, degenerasi makula terkait usia, glukoma, mata kering, hingga penglihatan kabur di malam hari.

Lalu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan mata? Berikut diantaranya.

1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang dikenal mengandung omega 3 yang tinggi. Selain bagus untuk kesehatan otak, asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) juga penting untuk kesehatan mata.

"Ikan berlemak tinggi DHA dan EPA terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan mata sejak dalam kandungan," kata Roxana Ehsani, dietitian yang berbasis di Miami melansir Real Simple.

2. Telur

Telur juga termasuk makanan terbaik untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A melindungi kornea. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan terkena kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Zinc berkontribusi terhadap kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata. Selain itu zinc membantu mata melihat di malam hari.

3. Kacang-kacangan

Kacang juga kaya akan asam lemak omega-3 dan tinggi akan kandungan vitamin E yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat usia.

Melansir Medical News Today, kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata antara lain: kenari,
kacang brazil, kacang mete dan lentil

4. Brokoli

Sejumlah penelitian mengungkap brokoli kaya akan vitamin C, antioksidan yang mengurangi stres oksidatif pada mata dan membantu mencegah katarak. Brokoli juga merupakan sumber vitamin A yang baik.
Sebuah ulasan pada Juli 2023 menyebut kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

5. Jeruk Lemon dan Anggur

Sama seperti vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan yang direkomendasikan oleh AOA untuk melawan kerusakan mata terkait usia. Buah-buahan citrus yang tinggi kandungan vitamin C antara lain seperti jeruk lemon, jeruk, dan anggur.

6. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten, pigmen yang memberi warna cerah pada sayuran oranye. Beta-karoten bermanfaat karena tubuh mengubahnya menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang baik.

7. Daging sapi

Daging sapi kaya akan zinc yang dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Zinc dapat membantu menunda kehilangan penglihatan terkait usia dan degenerasi makula.

Mata sendiri mengandung zinc tingkat tinggi, terutama di retina, dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina.**/ara





 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved