Wartawan Reuters Tewas di Lebanon oleh Serangan dari arah Israel
Senin, 30-10-2023 - 13:13:34 WIB
Peti jenazah Issam Abdallah
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Berdasarkan temuan awal penyelidikannya oleh Reporters Without Borders (RSF), kematian jurnalis gambar kantor berita Reuters, Issam Abdallah, pada tanggal 13 Oktober di Lebanon Selatan akibat serangan yang "ditargetkan" dari arah perbatasan Israel.

"Menurut analisis balistik yang dilakukan RSF, tembakan datang dari arah timur tempat para jurnalis berdiri; dari arah perbatasan Israel," kata RSF, Minggu (29/10/2023).

Tetapi dalam laporan RSF tersebut tidak disimpulkan siapa yang melancarkan serangan terhadap jurnalis tersebut atau memberikan analisis mendasarnya.

Sementara Angkatan Bersenjata Israel (IDF) belum menanggapi permintaan komentar mengenai temuan RSF. IDF sebelumnya telah mengatakan pihaknya tidak sengaja menargetkan jurnalis dan pihaknya sedang menyelidiki insiden 13 Oktober tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Reuters mengatakan: "Kami sedang meninjau kesimpulan awal yang dicapai oleh Reporters Without Borders (RSF), yang menemukan bahwa Issam Abdallah dan jurnalis lainnya di Alma el-Chaab tampaknya sengaja ditembaki dari arah Israel pada 13 Oktober".

Abdallah terbunuh pada 13 Oktober saat bekerja dengan enam jurnalis lainnya di dekat desa Alma al-Shaab, dekat perbatasan Israel, tempat militer Israel dan milisi Hizbullah Lebanon saling baku tembak.

RSF mengatakan temuan awalnya didasarkan pada apa yang digambarkannya sebagai "analisis menyeluruh terhadap laporan saksi mata, rekaman video, dan keahlian balistik". Investigasi terus berlanjut, tambah laporan itu.

"Adalah tidak mungkin para jurnalis disangka sebagai kombatan, terutama karena mereka tidak bersembunyi: untuk mendapatkan pandangan yang jelas, mereka telah berada di tempat terbuka selama lebih dari satu jam, di puncak bukit,” ungkapnya.

"Mereka mengenakan helm dan rompi antipeluru bertanda 'press'," lanjut laporan tersebut.

Ketika ditanya mengapa mereka mempublikasikan temuan awal dan video berdurasi enam menit dibandingkan menunggu sampai penyelidikan selesai, kepala desk Timur Tengah RSF, Jonathan Dagher, mengatakan: "Kami yakin dengan temuan kami pada tahap ini dan ingin masyarakat untuk mengetahui hal ini."

Tentara dan Pemerintah Lebanon menyalahkan Israel atas kematian Abdallah. Sumber militer Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa klaim tersebut didukung oleh penilaian teknis di lapangan yang dilakukan setelah serangan tersebut.**/Ant





 
Berita Lainnya :
  • Wartawan Reuters Tewas di Lebanon oleh Serangan dari arah Israel
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved