Sedekah Jariyah, Pahalanya Tidak Putus Meski Manusia Telah Meninggal
Senin, 02-10-2023 - 14:00:11 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Sedekah adalah memberikan sesuatu, bisa berupa bantuan, pertolongan, atau harta, kepada orang lain yang berhak menerimanya, dan semata-mata hanya mengharap ridha dari Allah SWT.

Ada salah satu sedekah yang pahalanya lebih besar dan lebih kekal. Sedekah ini bisa berupa harta atau sesuatu yang tahan lama dan bisa selalu memberikan manfaat bagi orang banyak.

Bahkan selama barang tersebut bermanfaat, walaupun si pemilik sedekah sudah meninggal, ia tetap akan mendapatkan pahalanya.

Sedekah ini adalah sedekah jariyah yang pernah dikeluarkan sebelum seseorang menghadap Allah SWT. Hal ini disandarkan dari hadits Rasulullah SAW.

"Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaiba, yaitu Ibnu Said dan Ibnu Hujr mereka berkata: telah menceritakan kepada kami Ismail, yaitu Ibnu Jafar dari Al-'Ala dari ayahnya dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda: "Apabila salah seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat baginya, dan anak shalih yang selalu mendoakannya."

Dilansir dari Manshur Abdul Hakim dalam bukunya yang berjudul Buku Saku Terapi Bersedekah, sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya terus mengalir setelah orang yang memberikannya meninggal.

Sedekah ini disebut jenis sedekah yang paling baik untuk orang yang sudah meninggal, karena pahalanya tidak akan terputus selama sedekah yang dikeluarkan tersebut masih membawa manfaat atau dipakai oleh orang banyak.

Ada empat media yang bisa dijadikan sarana untuk menanam sedekah jariyah, di antaranya adalah:

1. Mengalirkan Air untuk Orang Banyak

Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang menggali sumur kemudian airnya diminum oleh makhluk yang kepanasan, baik itu jin, manusia, atau pun burung, maka Allah akan memberinya balasan pada hari kiamat. Orang yang membuat masjid meskipun hanya sebesar sangkar burung atau bahkan lebih kecil lagi, maka Allah akan membuatkannya rumah di surga." (HR Al-Mundziri)

2. Memberi Makan Orang Lain

Suatu saat sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW tentang kebaikan dalam Islam, lalu beliau menjawab, "Engkau memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kau kenal dan tidak kau kenal." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa'i)

3. Mendirikan Masjid

Membangun masjid merupakan salah satu kegiatan sedekah jariyah. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Orang yang membangun masjid demi mengharap ridha Allah, maka Allah akan membuatkan rumah di surga untuknya." (HR Bukhari dan Muslim)

4. Mengeluarkan Harta untuk Jihad

Jihad di jalan Allah SWT yang merupakan sedekah jariyah bisa dilakukan dengan cara membiayai pengembangan ilmu pengetahuan, menerbitkan buku, membangun asrama bagi anak yatim, gelandangan, dan lain sebagainya.**/zie/dtc




 
Berita Lainnya :
  • Sedekah Jariyah, Pahalanya Tidak Putus Meski Manusia Telah Meninggal
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved