Beberapa Makanan yang Digemari Ternyata Bisa Picu Hipertensi
Selasa, 26-09-2023 - 12:11:29 WIB
Acar
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dari waktu ke waktu, termasuk penyakit jantung dan stroke. Salah satu faktor pemicu hipertensi adalah makanan, seperti garam atau natrium.

Saat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam, tubuh menahan lebih banyak cairan dan meningkatkan volume serta tekanan darah.

Nah, ternyata beberapa makanan yang sering dikonsumsi dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut diantarnya.

1. Kerupuk, Popcorn

Makanan ringan yang memiliki rasa gurih seperti keripik, kerupuk, dan popcorn mengandung sodium yang tinggi. Dikutip dari WebMD, satu porsi keripik kentang berukuran 1 ons mengandung sekitar 50-200 miligram sodium. Karena itu mengkonsumsinya tentunya harus dibatasi.

2. Acar

Proses pengawetan makanan apapun membutuhkan bantuan garam, untuk menghentikan pembusukan dan membuatnya lebih tahan lama. Dikutip dari Healthline, semakin lama sayuran disimpan dalam pengalengan dan pengawetan cairan, semakin banyak pula kandungan natrium pada makanan tersebut, termasuk acar.

3. Sup

Meskipun memiliki rasa yang enak, sup seringkali mengandung sodium yang tinggi. Dikutip dari WebMD, satu cangkir (delapan ons) sup tomat dapat mengandung antara 700 hingga 1.260 miligram sodium.

Membeli sup yang rendah sodium atau membuatnya sendiri di rumah dapat dilakukan untuk membatasi makanan penyebab darah tinggi ini.

4. Daging olahan

Dikutip dari WebMD, daging yang dikonsumsi saat makan siang biasanya mengandung sekitar 750 miligram atau lebih natrium per porsinya. Selain itu daging olahan seperti hotdog, kornet, dan sosis juga memiliki kandungan sodium yang tinggi.

5. Roti

Meskipun roti tidak terasa asin tetapi satu potongnya mengandung 80 hingga 230 miligram sodium. Sehingga konsumsinya bisa diganti dengan roti gandum untuk mengurangi sodium.

Selain itu, makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula tambahan juga memiliki efek langsung pada peningkatan tekanan darah.**/zie/detik.com




 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Makanan yang Digemari Ternyata Bisa Picu Hipertensi
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved