Beberapa Jenis Ikan Lokal Indonesia dengan Gizi Tinggi
Kamis, 21-09-2023 - 18:17:34 WIB
Ikan Lele
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Belakangan ini ikan impor, seperti ikan shisamo, menjadi topik yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Ikan asal Jepang ini tinggi akan omega 3 dan kaya manfaat kesehatan, sama halnya dengan ikan tuna dan salmon.

Ternyata ikan lokal asal Indonesia juga ada yang punya kandungan gizi tinggi, tak kalah dengan ikan import. Berikut ikan lokal Indonesia yang punya gizi tinggi, tak kalah dengan ikan impor. Apa saja ikan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Ikan lele

Ikan lele termasuk ikan lokal yang murah dan mudah ditemukan. Ikan lele juga mampu bertahan di berbagai kondisi.

Penelitian menemukan sajian ikan lele mengandung, kalori, lemak, protein, vitamin B12, omega 3 dan omega 6.

Kandungan gizi ikan lele mendatangkan aneka manfaat kesehatan seperti, kandungan protein mampu memperbaiki jaringan dan otot yang rusak, sumber energi, omega 3 untuk kesehatan otak kemudian vitamin B12 mampu melawan penyakit jantung, mencegah anemia dan mendukung kesehatan mental.

2. Ikan patin

Ikan patin memiliki daging yang lembut dan rasa nikmat saat diolah jadi berbagai masakan. Selain itu, kandungan asam aminonya cukup banyak seperti leusin, isoleusin, glisin, dan teronin.

Ikan patin segar mengandung, kalori, protein, lemak, karbohidrat.

3. Ikan kembung

Ikan kembung cukup fleksibel untuk beragam olahan seperti ikan kembung bakar, ikan kembung bumbu kuning, ikan kembung goreng, dan ikan kembung pesmol.

Ikan satu ini kerap dipandang sebelah mata terlebih saat disandingkan dengan salmon atau tuna. Padahal, ikan kembung mampu memberikan banyak nutrisi bermanfaat buat tubuh.

Ikan kembung mengandung, protein, lemak, karbohidrat, omega 3. Omega 3 mampu menjaga kesehatan otak, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung serta membunuh sel kanker.

4. Ikan bandeng

Ikan bandeng sangat mudah ditemukan di tukang sayur dan pasar ikan. Ikan ini kerap dijual dalam bentuk presto sehingga pembeli tinggal menggoreng ikan tanpa perlu menyiangi durinya.

Ikan bandeng mengandung kalori, protein, lemak, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B5, fosfor.

5. Ikan gabus

Ikan gabus kerap direkomendasikan sebagai ikan lokal Indonesia untuk mendukung penyembuhan luka. Hal ini berkat kandungan proteinnya yang tinggi dan terdapat kandungan asam arakidonat yang mempercepat penyembuhan luka.

Ikan gabus mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat.

5. Ikan bawal

Ikan bawal kerap direkomendasikan untuk olahan ikan bakar atau bumbu asam manis. Daging ikan bawal terbilang tebal sehingga puas dinikmati bersama nasi hangat.

Ikan bawal termasuk ikan air tawar terbesar dari golongan ikan neotropik. Sebelum dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, dulu ikan ini dikenal sebagai ikan hias. Ikan bawal mengandung kalori, lemak, protein, kalsium, zat besi, kalium.

6. Ikan kakap

Masyarakat sudah tidak asing dengan sajian ikan kakap, apalagi saat mampir di warung makan seafood. Ikan kakap mengandung kalori, protein, fosfor, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin D.

8. Ikan gurame

Ikan gurame adalah ikan populer dikonsumsi masyarakat. Di berbagai restoran, ikan ini diolah jadi beragam masakan termasuk masakan berkuah, digoreng, bakar atau pindang.

Ikan gurame mengandung gizi penting untuk kesehatan keluarga , seperti, kalori, protein, lemak.**/zie






 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Jenis Ikan Lokal Indonesia dengan Gizi Tinggi
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved