10 Sumber Makanan dengan Karbohidrat yang Dianggap Tidak Sehat
Senin, 18-09-2023 - 13:07:49 WIB
Permen Jely
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan menjadi sumber energi harian. Semua karbohidrat bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, namun ada beberapa yang harus dibatasi dalam kebiasaan makan sehari-hari.

Karbohidrat dianggap paling tidak sehat adalah yang dibuat dengan gula tambahan, karena jenis karbohidrat ini bisa menyebabkan peningkatan trigliserida darah, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi. Belum lagi risiko terserang penyakit lainnya.

Berikut sejumlah sumber karbohidrat yang dinilai tidak sehat.

1. Kopi dengan gula

Minum kopi tidak ada salahnya. Tetapi saat kopi ditambahkan dengan gula lebih banyak, menyebabkan kopi akan mengandung kalori berlipat-lipat ganda.

Konsumsi kopi hitam tanpa pemanis adalah pilihan bagus yang menyediakan protein tanpa tambahan gula, sehingga menghasilkan minuman kopi yang lebih sehat.

2. Sirup, jus, dan buah kalengan

Sirup, buah kalengan, dan jus dengan tambahan gula termasuk sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari.

Dalam hal ini jus misalnya, selain tak membuat perut kenyang, memungkinkan tubuh mengalami lonjakan gula darah. Jika ingin membuat jus sebagai sarapan, sebaiknya tidak menambahkan gula ke dalamnya.

Lebih baik lagi, pilihlah buah segar utuh daripada jus untuk mendapatkan serat yang lebih mengenyangkan.

3. Selai

Selai dan jeli dalam stoples bisa menjadi sumber tambahan gula pekat. Meskipun umumnya dibuat dari buah-buahan, kita akan menemukan beberapa merek menggunakan lebih banyak gula tambahan menurut beratnya dalam produk mereka daripada buah sebenarnya.

4. Yogurt aneka rasa

Yogurt plain bisa jadi sumber nutrisi terbaik dan penting untuk tubuh, seperti kalsium dan probiotik. Namun, ada banyak pilihan yogurt dengan aneka rasa dan gula tambahan.

Meskipun hal ini tidak menyingkirkan manfaat dari yogurt, namun tetap saja yogurt dengan gula tambahan tidak bisa terlalu sering dikonsumsi.

5. Pastry

Aneka pastry seperti muffin, croissant, atau donat tentu menggugah selera. Meski demikian, sebaiknya kita menghindari sumber karbohidrat satu ini karena diolah dengan gula tambahan dalam jumlah yang banyak.

Alih-alih membeli pastry di toko, cobalah membuatnya sendiri di rumah menggunakan tepung gandum utuh dan madu sebagai pengganti gula tambahan tradisional. Masukkan beberapa wortel atau zucchini parut untuk menambah serat agar lebih sehat.

6. Roti putih

Roti putih yang empuk memang nikmat, tetapi tidak memiliki banyak nutrisi penting. Di sebagian besar roti putih, tidak ditemukan serat atau banyak protein, bahkan mungkin melihat sedikit tambahan gula.

Meskipun sepotong roti putih sering kali lebih rendah kalori dibandingkan sepotong roti gandum, kita mungkin tidak mendapatkan jumlah kalori yang lebih tinggi.

Pilihan biji-bijian utuh biasanya memiliki kandungan serat dan protein yang lebih tinggi serta mengandung lebih banyak nutrisi penting, seperti vitamin B. Saat memilih roti gandum utuh, perhatikan tambahan gula dan pilih pilihan dengan setidaknya 2 gram serat.

7. Tortilla tepung

Mirip dengan roti putih, tortilla tepung seringkali kurang serat dan mengandung tambahan gula. Produk yang terbuat dari tepung terigu, seperti roti tawar dan tortilla tepung, biasanya diperkaya dengan beberapa vitamin dan mineral tetapi kurang mengenyangkan dibandingkan pilihan tepung terigu utuh.

8. Snack buah

Snack seperti permen buah-buahan yang diklaim terbuat dari buat asli tentunya tidak demikian adanya.

Selain banyak mengandung gula tambahan, snack buah ini juga ditambahkan pewarna dan pewarna makanan, yang membuatnya semakin tidak sehat. Lebih baik melewatkan camilan buah sama sekali dan memilih buah segar atau kalengan yang dibuat tanpa tambahan gula.

9. Sereal manis

Sereal termasuk salah satu sarapan menyehatkan. Namun nyatanya, sereal yang banyak dijual di pasaran banyak mengandung gula tambahan.

Saat membeli sereal, hal yang pertama perlu diperiksa adalah kandungan gula tambahannya. Idealnya, takaran gula tambahan pada sereal kurang dari 5 gram per kemasan.

Selain memperhatikan tambahan gula, carilah pilihan yang mengandung minimal 2 gram serat atau lebih. Sereal manis mungkin cocok untuk sarapan cepat, tetapi dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan energi yang cepat, sehingga mengakibatkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak gula.

10. Permen

Permen mungkin merupakan salah satu sumber karbohidrat terburuk. Permen rasa buah dan coklat tidak hanya mengandung banyak gula tambahan, tetapi kita akan menemukan pewarna dan pewarna makanan, lemak jenuh, dan jumlah kalori tinggi dalam banyak pilihan.

Selain itu, permen kekurangan serat, vitamin, dan mineral, sehingga menjadi sumber kalori yang buruk.**/ara







 
Berita Lainnya :
  • 10 Sumber Makanan dengan Karbohidrat yang Dianggap Tidak Sehat
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved