Kabupaten Siak akan Ditetapkan Sebagai Kota Wakaf Indonesia
Jumat, 25-08-2023 - 15:55:53 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kabupaten Siak, Provinsi Riau, akan ditetapkan sebagai kota wakaf dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya di Indonesia. Untuk mempersiapkan hal tersebur, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama datang ke Siak.

Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Waryono Abdul Ghafur, pihaknya datang ke Siak untuk mengetahui secara langsung pengelolaan zakat dan untuk persiapan ditetapkannya Siak sebagai kota wakaf pertama di Indonesia.

“Saya hadir di Siak bersama tim melakukan survei ingin melihat penerapan wakaf dan audiensi bersama Pak Bupati Siak, dan mengisi tausiah usai Shalat Subuh di Masjid Alfatahdan melakukan peninjauan ke Kantor Baznas dan Pesantren Darul Hadist,” kata Waryono, Jumat (25/8/2023).

Waryono juga mengatakan bahwa program kota wakaf pada dasarnya adalah memaksimalkan potensi wakaf untuk kesejahteraan umat dan masyarakat sekitar. Dan Siak dinilai cukup maju mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui zakat dan wakaf.

Penetapan Kota Wakaf itu, kata Waryono, direncanakan pada bulan Oktober 2023 mendatang, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -25 Kabupaten Siak. Akan hadir langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kota Wakaf ini dasar penilaiannya adalah bagaimana tanah ataupun aset wakaf yang dimiliki oleh umat Islam dikelola menjadi produktif. Untuk mewujudkan hal itu, Pemkab Siak sudah kerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia, Kemenag, dan Para Nazir Wakaf (Pewakaf)

Bupati Siak Alfedri menyambut baik ditetapkannya kabupaten Siak sebagai Kota Wakaf Nasional. Program wakaf di Kabupaten Siak sudah berjalan dengan baik mulai dari gerakan wakaf Rp1.000/hari di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Siak.

Kemudian pemberdayaan tanah wakaf bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat dan inventarisir semua bidang tanah dan bangunan yang ada di Kabupaten Siak untuk dimanfaatkan untuk kepentingan umat.**/don




 
Berita Lainnya :
  • Kabupaten Siak akan Ditetapkan Sebagai Kota Wakaf Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved