Perkuat Pasar UMKM ke Pasar Dunia KemenkopUKM Lakukan Kemitraan
Jumat, 25-08-2023 - 15:21:10 WIB
SesmenKopUKM Arif Rahman Hakim
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) perkuat akses pelaku UMKM ke pasar dunia melalui rantai nilai global. Salah satunya melalui kemitraan antara pelaku UKM dengan perusahaan besar.

Menurut SesmenKopUKM Arif Rahman Hakim dalam forum 29th APEC SME Ministerial Meeting, Jumat (25/8/2023), program kemitraan yang mempertemukan UKM dengan perusahaan domestik dan multinasional untuk memberdayakan UKM memasok bahan baku atau produk setengah jadi ke perusahaan-perusahaan tersebut.

SesMenKopUKM juga menegaskan beberapa perusahaan besar sudah menandatangani perjanjian kerja sama terkait program ini di antaranya IKEA, UNIQLO, JW Marriott, META, dan Lulu.

“Sebagai gantinya, perusahaan-perusahaan ini memberikan bimbingan dan pendidikan kepada pelaku UKM, menyelaraskan proses produksi mereka dengan standar industri dan memastikan kualitas yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan,” katanya.

Menurut Arif, pihaknya secara aktif memfasilitasi UKM untuk berpartisipasi dalam business matching dengan perusahaan besar. Berbagai inisiatif business matching telah didorong, salah satunya Inabuyer B2B2G Expo.

Saat ini, platform tersebut menawarkan 23.291 pemasok dan 14.604 produk, bersama dengan 574 informasi pasar. Di sisi lain, SMEsta menjadi platform yang menyajikan katalog penawaran produk UKM yang dikuratori secara lokal, sumber daya pelatihan, detail pengiriman kontainer, dan peluang akses pasar.

SMEsta juga terhubung dengan ASEAN ACCESS yang secara langsung dapat memperluas jangkauan pelaku UKM ke ASEAN dan sekitarnya.**/ara/Ant





 
Berita Lainnya :
  • Perkuat Pasar UMKM ke Pasar Dunia KemenkopUKM Lakukan Kemitraan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved