Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai Jadi Cagar Budaya Nasional
Kamis, 24-08-2023 - 17:48:35 WIB
Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai /foto mcr
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, sudah sah berstatus Cagar Budaya Nasional. Penetapan ini usai sidang pembahasan, Kamis (24/8/2023).

Menurut Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen, bersama tim pengusul dari Provinsi Riau, mereka mengikuti sidang melalui zoom meeting.

"Usulan naskah rekomendasi Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu ditandatangai TACBN. Upaya pemeringkatan status cagar budaya ini akhirnya sampai pada tahapan akhir dari serangkaian proses usulan yang sejak beberapa waktu lalu kita lakukan," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Riau, Raja Yoserizal Zen, Kamis (24/8/2023).

Sidang pembahasan ini sudah dilakukan sejak 21 Juni yang lalu, di mana tim Provinsi Riau mengikuti sidang secara langsung di Jakarta. Kemudian sidang kedua berlanjut pada tanggal 24 Juni yang memutuskan untuk dilakukan verifikasi lapangan pada tanggal 7-9 Agustus.

"Sebelumnya perwakilan TACBN yaitu Pak Surya Helmi selaku ketua, Pak Muhammad Natsir selaku sekretaris, dan Pak Prof. Susanto Zuhdi selaku anggota sudah turun langsung melakukan verifikasi ke Rokan Hulu. Bahkan pada puncak Hari Jadi ke 66 Provinsi Riau yang lalu, TACBN tersebut bersama Disbud Riau melakukan audiensi ke Gubri Syamsuar," ujar Yoserizal yang juga merupakan Ketua TACB Provinsi Riau.

Setelah naskah rekomendasi sudah ditandatangani oleh TACBN akan disampaikan kepada Mendikbudristek untuk diterbitkan SK Cagar Budaya Nasional. Menurutnya, SK dari Menteri untuk Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu diperkirakan terbit pada akhir tahun 2023 nanti.**/zie/mc




 
Berita Lainnya :
  • Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai Jadi Cagar Budaya Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved