Kajari Dumai Hadiri Acara Pengukuhan Batin Suku Akit dan Pengurus Adat
Rabu, 23-08-2023 - 00:52:33 WIB
Pengukuhan Batin Suku Akit
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kajari Dumai, Agustinus Herimulyanto, diwakili Kasi Intelijen Abu Nawas, hadiri acara pengukuhan Batin Suku Akit Kota Dumai dan Pengurus Adat Peranakan Suku Akit Kota Dumai, Selasa (22/8/2023).

Acara pengukuhan yang berlangsung di Kediaman Andres Aleng Jl. Leban Putih Kelurahan Lubuk Gaung, juga dihadiri Wali Kota Dumai, H. Paisal, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI Bidang Transformasi Digital, Fajar BS Lase, dan Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, Datuk Seri Zamhur Egab.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor AHU-0005343.AH.01.07.Tahun 2023, tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Batin Suku Akit Kota Dumai. Berdasarkan SK tersebut, Andres Aleng resmi menjadi Ketua atau Batin Suku Akit Kota Dumai.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan panji (bendera) kebesaran Suku Akit oleh Wali Kota Dumai kepada Batin Suku Akit Aleng, penyematan pin Petande Batin Suku Akit oleh Ketua LAMR Kota Dumai, dan pemukulan gong tanda resminya Perkumpulan Batin Suku Akit oleh Stafsus Menkumham RI, Fajar BS Lase.

Untuk pengukuhan Pengurus Adat Peranakan Suku Akit Kota Dumai ditandai dengan penyerahan bakul rotan berisi makanan yang disebut "Rage" dari Batin Suku Akit Aleng kepada Ketua Pengurus Adat Peranakan Suku Akit Kota Dumai, Ayong.

Dalam moment ini, Wali Kota Dumai, H. Paisal mengucapkan selamat kepada Batin Suku Akit Kota Dumai dan Pengurus Adat Peranakan Suku Akit Kota Dumai yang baru saja dikukuhkan.

"Atas nama Pemerintah Kota Dumai, kami ucapkan tahniah atas pengukuhan ini. Kami berharap Batin Suku Akit dan Peranakan Suku Akit ini bisa memperkuat khazanah adat dan budaya yang ada di Dumai Kota Idaman," ucapnya.

Orang nomor satu Dumai itu pun berpesan kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya terhadap pembangunan di Kota Dumai, serta menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan.

"Dengan beragamnya suku dan etnis yang ada di Kota Dumai menjadi keunggulan tersendiri bagi Kota Dumai. Mari bersama kita bersinergi membangun Kota Dumai, kami optimis jika kita solid, bersatu, dan bekerja sama dengan stakeholder dan pihak terkait lainnya, Kota Dumai pasti menjadi lebih baik kedepan," pungkasnya.

Acara dimeriahkan dengan berbagai macam jenis kesenian tradisional Suku Akit, berupa pencak silat, tari gendong, dan seni tradisi lainnya. Kegiatan pengukuhan ini juga disandingkan dengan prosesi sunat adat Suku Akit.

Selesai acara Kasi Intel menyampaikan bahwa kehadirannya dalam acara pengukuhan ini selain menjaga sinergiritas forkompimda, ikut menjaga dan melestarikan budaya, suku, agama dan kerukunan umat yang ada di Dumai.

"Juga peran Kejaksaan dalam tugas dan fungsinya sebagai ketua Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem). Artinya peran serta Kejaksaan hadir dan turut menjaga kerukunan umat beragama, pelestarian budaya, menjaga kamtibmas menyongsong pesta demokrasi yakni menjelang pemilu 2024 mendatang," ungkap Abu.**/ald




 
Berita Lainnya :
  • Kajari Dumai Hadiri Acara Pengukuhan Batin Suku Akit dan Pengurus Adat
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved