Islam Melarang Memelihara Beberapa Hewan, Kecuali Dalam Keadaan Tertentu
Rabu, 16-08-2023 - 12:41:48 WIB
ular
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Agama Islam telah mengatur bahwa tidak semua hewan bisa dipelihara di rumah, seperti hewan najis, contoh anjing dan babi serta hewan bersifat predator, seperti kadal dan ular.

Melansir Islam Qa, Mufti Muhammad ibn Adam Darul Iftaa menyebutkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan pembunuhan burung gagak, kalajengking, tikus, anjing, kadal, dan hewan berbahaya lainnya.

Para ahli fikih (fuqaha) juga menyebutkan bahwa diperbolehkan membunuh hewan yang membahayakan diri sendiri atau harta benda (seperti hama). Lalu apa saja hewan yang tidak boleh dielihara itu? Berikut lima diantaranya.
 

1. Anjing

Dilansir dari laman Khaleej Times, Mufti Agung Dubai, Dr Ahmed Al Haddad, mengatakan memelihara anjing di rumah tidak dianjurkan menurut Islam, kecuali disimpan di tempat yang tepat dan sesuai kebutuhan, seperti anjing penggembala.

"Jika seekor anjing diperlukan untuk menjaga, menggembala, atau berburu, ia harus disimpan di tempat yang tepat dan sesuai kebutuhan," ujar Dr Haddad.

Senada, Kepala Mufti di Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai, Dr Ali Mashael mengatakan, memelihara atau memelihara anjing di dalam rumah tidak diperbolehkan dalam Islam dalam keadaan apa pun, bahkan mencegah Malaikat Pengasih memasuki rumah dan memotong sejumlah besar pahala ibadah seorang Muslim setiap hari.

Namun, anjing boleh dipelihara dan dimanfaatkan di luar rumah untuk alasan yang diperbolehkan, seperti bertani, berburu, atau menggembala seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW: “Sekiranya anjing bukanlah suatu bangsa di antara bangsa-bangsa, maka aku perintahkan agar mereka dibunuh. Ada seseorang yang menghuni sebuah rumah di mana mereka memelihara seekor anjing, tetapi amalnya dikurangi satu qirat setiap hari, kecuali seekor anjing pemburu, atau seekor anjing pemburu, anjing peternakan, atau anjing domba."

 

2. Babi

Dilansir dari laman Islam Web, tidak boleh memelihara babi karena itu adalah hewan yang najis. Pandangan bahwa babi itu sendiri tidak suci adalah masalah konsensus di antara para ulama.

3. Ular

Dilansir dari laman Islam Qa, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Sahabat Abd Allah ibn Abbas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ular tidak boleh dipelihara, tapi harus dimusnahkan.

Namun, jika ular itu tidak berbahaya dan racun serta bisanya telah dihilangkan dan diekstraksi, diperbolehkan (dan Allah Maha Mengetahui) untuk memeliharanya, meskipun dibenci, lebih baik untuk menghindarinya.

4. Burung gagak

Dilansir dari laman Islam Web, banyak ulama yang berpandangan bahwa burung gagak yang dianjurkan untuk dibunuh adalah burung gagak perut putih yang memakan bangkai hewan dan tidak semua jenis burung gagak, seperti yang memakan tumbuh-tumbuhan dan sejenisnya. Bertentangan dengan Mazhab Maliki, yang berpandangan bahwa semua jenis burung gagak adalah fawaasiq.

Adapun memelihara hewan tersebut sebagai hewan peliharaan pada prinsipnya memelihara hewan dan memeliharanya diperbolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya untuk dipelihara, seperti anjing yang dipelihara tanpa keperluan yang sah.

5. Hamster

Dilansir dari laman Islam Web, hamster disebutkan dalam Ensiklopedia Arab dan Ensiklopedia Bebas dan dikenal dalam bahasa Arab dengan qidaad. Di ensiklopedia ini, mereka memasang gambarnya, yang menunjukkan bahwa dia sangat mirip dengan tikus.

Ini memperkuat keyakinan bahwa itu adalah salah satu genre tikus, apalagi kita tahu beberapa penulis menyebutkan bahwa ada penelitian yang menunjukkan ada 86 genre tikus, yang mencakup 720 spesies atau jenis.

Karena hamster termasuk jenis tikus, maka tidak boleh dibeli atau dipelihara sebagai hewan peliharaan, karena sunnah menetapkan bahwa tikus dibunuh baik di dalam maupun di luar batas al-Haram (Makkah).**/zie/republikaonline




 
Berita Lainnya :
  • Islam Melarang Memelihara Beberapa Hewan, Kecuali Dalam Keadaan Tertentu
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved