Tujuh Makanan Sehat yang Bisa Bikin Umur Panjang
Sabtu, 12-08-2023 - 15:59:52 WIB
Sayuran
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Selain faktor genetik ada juga faktor lain yang patut diperhatikan untuk memperpanjang usia manusia. Salah satunya adalah pola makan dan apa yang dimakan. Ada beberapa makanan yang menurut penelitian bisa bikin panjang umur.

Ada negara-negara berstatus 'zona biru' yang patut jadi contoh dalam hal ini. Zona biru merujuk pada negara-negara dengan angka harapan hidup yang tinggi dan tingkat penyakit kronis yang rendah.

Dua di antara negara biru itu adalah Yunani dan Jepang. Beberapa orang di negara-negara tersebut bisa hidup hingga usia lebih dari 100 tahun, Melansir Eating Well, ternyata negara-negara tersebut menekankan asupan hariannya pada makanan nabati, termasuk di antaranya 300 gram sayuran per hari. Asupan ini dilengkapi juga dengan kacang-kacangan dan biji-bijian secara teratur.

Berikut beberapa makanan yang bisa bikin panjang umur, merujuk kebiasaan masyarakat di dua negara biru tersebut.

1. Kacang

Kacang mengandung protein nabati, serat, dan antioksidan. Kesemuanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Ahli diet menyarankan untuk mengganti protein hewani dengan kacang-kacangan setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Kacang sendiri dipercaya dapat menurunkan risiko kanker, diabetes tipe 2, menekan kadar kolesterol, dan mengurangi peradangan.

2. Brokoli

Brokoli dan sayuran silang lainnya seperti kembang kol dan kubis kerap dikaitkan dengan sistem pencernaan yang sehat dan umur yang lebih panjang.

Sayuran silang kaya akan serat, antioksidan, vitamin A, C, dan K. Kesemuanya terkait dengan proses penuaan yang lebih sehat.

Sulphorphane, antioksidan yang ditemukan dalam sayuran silang, diketahui bermanfaat sebagai antikanker, melindungi jantung, dan membantu mengontrol kadar gula darah

3. Buah beri

Bukan rahasia lagi, buah beri memang kaya akan manfaat. Buah ini mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah kanker, dan menekan peradangan.

Yang lebih menarik adalah potensi manfaatnya terhadap kesehatan otak. Studi terhadap 16 ribu lansia menemukan bahwa asupan blueberry dan stroberi yang lebih banyak dapat memperlambat penurunan kognitif.

Kandungan antioksidan blueberry, raspberry, dan blackberry juga menempati ukuran tertinggi di antara semua buah. Hal ini memungkinkan mereka untuk membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh.

4. Kangkung

Asupan sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kematian dini. Sebuah meta-analisis terhadap 13 studi menemukan, konsumsi sayuran hijau dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang 15,8 persen lebih rendah.

Ada banyak sayuran hijau yang bisa dikonsumsi, mulai dari kangkung, bayam, sawi, dan masih banyak lagi.

5. Kenari

Semua kacang memang menawarkan manfaat kesehatan. Tapi, kenari adalah salah satu yang paling memberikan manfaat menonjol.

Asupan kenari dikaitkan dengan kesehatan jantung, risiko kanker yang lebih rendah, kontrol gula darah, dan kesehatan otak yang lebih baik.

Studi bahkan menemukan bahwa konsumsi kenari dapat membuat Anda hidup lebih lama. Studi menemukan setidaknya 5 porsi kenari per minggu dikaitkan dengan wanita yang hidup 1,78 tahun lebih lama dan pria yanghidup 1.94 tahun lebih lama.

Para ahli percaya manfaat tersebut didapat dari kombinasi asam alfa linoleat (ALA), asam lemak omega-3, lemak tak jenuh tunggal, dan polifenol tertentu yang ditemukan dalam kenari.

6. Ikan kembung

Ikan kembung, salmon, dan ikan berlemak lainnya adalah protein tanpa lemak yang baik. Mereka juga kaya vitamin B, selenium, dan zat besi.

Sebuah analisis menemukan bahwa konsumsi lebih dari 2 ons ikan per hari dikaitkan dengan risiko kematian 12 persen lebih rendah.

7. Teh hijau

Teh hijau dikenal dengan potensinya untuk mengurangi risiko kanker. Selain itu, teh hijau juga ditemukan memberikan dampak positif terhadap risiko penyakit kardiovaskular.**/ara/cnnindonesia




 
Berita Lainnya :
  • Tujuh Makanan Sehat yang Bisa Bikin Umur Panjang
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved