Hasil Penelitian, Buah Anggur Bisa Memperpanjang Umur
Rabu, 09-08-2023 - 14:33:54 WIB
Buah Anggur
TERKAIT:
   
 

BNEWS - EurekAlert, salah satu penulis studi John Pezutto dari Western England University meneliti bahwa seseorang dapat hidup empat atau lima tahun lebih lama jika mengonsumsi buah anggur secara teratur.

Tetapi penelitian ini memang masih terbatas pada objek hewan, yakni tikus. Untuk menerapkannya pada manusia, memamng diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikan pengaruh konsumsi anggur terhadap kesehatan tubuh manusia.

Buah Anggur diketahui kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengutip Healthline,
nutrisi yang terkandung dalam 150 gram anggur hijau atau merah adalah, kalori 104, karbohidrat 27 gram, protein 1 gram, lemak 0,2 gram, serat 1,4 gram, tembaga 21 persen dari kebutuhan harian.

Kemudian vitamin K 18 persen dari kebutuhan harian. Viamin 9 persen dari kebutuhan harian. Riboflavin 8 persen dari kebutuhan harian. Vitamin B6 8 persen dari kebutuhan harian. Kalium 6 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C 5 persen dari kebutuhan harian. Mangan 5 persen dari kebutuhan harian. Vitamin E 2persen dari kebutuhan harian.

Manfaat anggur untuk memperpanjang angka harapan hidup ini diduga didapat berkat senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya. Senyawa antioksidan memang dipercaya dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis.

"Apa yang membuat saya bersemangat tentang penelitian ini adalah bahwa akan ada lebih banyak studi yang dilakukan tentang antioksidan, dan peran mereka dalam mengelola dan mencegah penyakit secara umum," ujar ahli gizi terdaftar Laura McDermott, mengutip Eat This, Not That.

Ia mencatat bahwa kandungan antioksidan pada anggur membantu tubuh melawan peradangan. Senyawa antioksidan itu di antaranya adalah resveratrol, katekin, quercetin, dan anthocyanin.

"Anggur yang tinggi antioksidan, dikombinasikan dengan diet seimbang dapat membantu melawan radikal bebas, menurunkan stres oksidatif," jelas McDermott.

Selain itu, anggur juga mengandung fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini, lanjut dia, dapat membantu menjaga sel dan DNA tetap sehat.**/ara





 
Berita Lainnya :
  • Hasil Penelitian, Buah Anggur Bisa Memperpanjang Umur
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved