Daftar Buah-buahan yang Kurang Baik Dikomsumsi Penderita Diabetes
Rabu, 12-07-2023 - 18:39:43 WIB
Anggur
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Buah-buahan diketahuin sebagai makanan penuh vitaminn dan zat gizi, sehingga disarankan untuk dikomsumsi setiap hari. Tetapi bagi penderita diabetes ternyata ada daftar buah yang tidak boleh dimakan terlalu banyak karena tinggi zat gula. Berikut diantaranya.

1. Pisang matang

Buah pisang hampir rata disukai semua orang. Pisang yang matang rasanya legit manis ternyata mengandung karbohidrat yang sama dengan dua porsi buah lainnya.

Karena itu penderita diabetes disarankan mengonsumsi hanya setengah buah pisang dalam satu waktu untuk menjaga gula darah tetap stabil.

2. Nenas

Manis dan lezat jika masak, itulah buah nenas yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi. Semakin tebal dan lebar buah nanas, maka semakin banyak karbohidrat di dalamnya.

Untuk penderita diabetes yang ingin makan buah nenas, sebaiknya pilih jenis nenas muda, tapi hanya boleh makan sedikit atau dipadukan dengan makanan lain yang kaya protein.

3. Mangga matang

Satu buah mangga utuh yang sudah matang dan manis biasanya mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula.

Sementara pada mangga matang dengan tekstur lunak, indeks glikemik di dalamnya bisa lebih tinggi dan otomatis meningkatkan laju gula darah.

4. Kurma kering

Kurma adalah buah yang punya banyak manfaat. Namun, penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kurma kering karena kadar gula dan karbohidratnya yang cenderung tinggi.

Per 24 gram kurma medjool misalnya, rata-rata mengandung 67 kalori dan 18 gram karbohidrat. Di dalamnya memuat sumber fruktosa alami, yaitu jenis gula yang ditemukan pada buah.

5. Buah kering

Mengutip Sugar Fit, kandungan gula cranberry hanya 4 gram per cangkir. Namun, setelah dikeringkan dan dimaniskan, buah kering seperti cranberry dan kismis bukan lagi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

6. Anggur

Satu buah anggur mengandung 1 gram karbohidrat. Jika mengonsumsi 15 buah anggur, artinya Anda mendapatkan 15 gram karbohidrat.

Anda tetap boleh mengonsumsi anggur karena kaya antioksidan polifenol. Untuk penderita diabetes, sebaiknya membatasi asupan anggur lebih sedikit agar gula darah tetap terjaga.

7. Buah kalengan

Buah yang bahaya untuk diabetes yaitu buah-buahan kalengan dan diawetkan. Meski praktis dikonsumsi, buah tersebut sangat tinggi gula tambahan.**/ara





 
Berita Lainnya :
  • Daftar Buah-buahan yang Kurang Baik Dikomsumsi Penderita Diabetes
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved