Pemerintah Sedang Siapkan Portal Pelayanan Publik Satu Kali Login
Rabu, 28-06-2023 - 13:22:26 WIB
Foto ilustrasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah terus melakukan perbaikan pelayanan publik guna memberikan kemudahan masyarakat mengakses e-services yang mudah, cepat, dan terintegrasi melalui pembangunan portal pelayanan publik.

Portal pelayanan publik yang dibangun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat banyak pelayanan hanya dengan satu kali login.

“Portal ini akan mengintegrasikan berbagai layanan publik dalam satu wadah, sehingga masyarakat akan semakin mudah mengakses pelayanan publik berbasis elektronik dalam satu pintu,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam sambutan resmi tertulis, Rabu (28/6/2023).

Saat ini kata Diah Natalisa, portal pelayanan publik telah terintegrasi dengan layanan tematik lintas batas negara dan pengaduan diantaranya M-PASPOR, VISA, dan SP4N-LAPOR!.

"PANRB sedang mempersiapkan integrasi dengan layanan tematik transportasi baik darat, laut maupun udara terdiri dari layanan informasi keberangkatan, pemesanan tiket, dan proses boarding. Integrasi ini melibatkan Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura II, PT. KAI, DAMRI, ASDP dan Garuda Indonesia," katanya.

PANRB kata Diah, secara bertahap juga akan memperluas integrasi sesuai dengan arah integrasi yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur SPBE.

Selain fokus pada pelaksanaan integrasi, pembangunan aplikasi yang mudah digunakan oleh masyarakat akan dilakukan. Hal ini sejalan dengan prinsip Citizen Centric, dimana layanan tersegmentasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Usability Testing merupakan tahapan yang tidak dapat dilewatkan dalam proses mendesain produk, aplikasi maupun website. Proses tersebut berguna dalam mengetahui kualitas design untuk menciptakan user experience yang baik sehingga pengguna akan mudah memahami mengenai cara menggunakan aplikasi.

Sementara, Evaluator portal pelayanan publik dari Telkom University, Asep Miftahudin, menyampaikan, aplikasi yang akan diluncurkan setidaknya memiliki daya tarik untuk dapat digunakan oleh pengguna dalam hal ini masyarakat. Kemudian portal pelayanan publik harus mudah digunakan oleh para pengguna, serta menu yang ada harus berdasarkan kebutuhan masyarakat tidak semua layanan dimasukan.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Pemerintah Sedang Siapkan Portal Pelayanan Publik Satu Kali Login
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved