Lestari Moerdijat: Institusi Pendidikan Berperan Cegah Kekerasan Pada Anak
Senin, 19-06-2023 - 16:38:05 WIB
Lestari Moerdijat
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan harus konsisten dilakukan dengan melibatkan peran para pemangku kebijakan, pengelola, tenaga pengajar, dan masyarakat.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/6/2023), Lestari mengatakan, rencana kolaborasi para pengelola institusi pendidikan untuk membangun jaringan dalam upaya mencegah tindakan kekerasan di lingkungan pendidikan, merupakan awal yang baik, mewujudkan proses belajar yang aman dan nyaman bagi generasi penerus bangsa.

Menurut Lestari semangat yang tumbuh di kalangan pengelola pendidikan berbasis agama itu harus terus dipupuk dan diperluas. Hal itu perlu dilakukan agar proses belajar di sejumlah institusi pendidikan berbasis agama lebih ramah dan nyaman bagi peserta didik.

"Catatan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) pada 2021, terdapat 51 aduan kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan sepanjang 2015-2020," katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan tersebut kasus kekerasan seksual terbanyak terjadi di perguruan tinggi yakni sebesar 27%, dan urutan kedua di lingkungan pendidikan berbasis agama dengan besaran 19%.

"Keterlibatan aktif para pengelola institusi pendidikan dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan di lingkungan mereka harus ditingkatkan melalui berbagai cara," ungkapnya.

Lestari berharap, para pemangku kebijakan menerapkan sejumlah langkah yang kreatif dalam mencegah tindak kekerasan di berbagai lingkungan pendidikan. Hal itu perlu dilakukan agar sejumlah kebijakan pencegahan kekerasan di lingkungan pendidikan dapat direalisasikan.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Lestari Moerdijat: Institusi Pendidikan Berperan Cegah Kekerasan Pada Anak
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved