Manusia Diperintah Menjaga Perut dari yang Haram dan Syubhat
Sabtu, 17-06-2023 - 18:00:22 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Manusia diperintah oleh Allah SWT untuk menjaga perut ini dari hal-hal yang haram maupun yang syubhat, juga dari mengkonsumsi makanan halal secara berlebihan. Jika ingin hidup yang bermakna dan bermanfaat, laksanakan perintah Allah SWT tersebut.

Imam Al-Ghazali juga menjelaskan tiga perkara penting yang harus jadi landasan seseorang menjaga perutnya. Pertama, karena takut terhadap ancaman neraka jahanam. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah An-Nisa Ayat 10.

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (QS An-Nisa: 10)."

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setiap daging yang tumbuh dari sesuatu yang diharamkan, maka neraka lebih utama bagi tempat kembalinya."

Kedua, orang yang memakan sesuatu yang diharamkan dan yang syubhat tidak akan memperoleh taufik dari sisi-Nya dalam beribadah. Sebab tidak pantas berhikmat kepada Allah SWT kecuali orang yang suci dan telah disucikan.

Allah telah melarang orang yang junub memasuki rumah-Nya dan orang yang berhadas menyentuh kitab-Nya sebagaimana firman-Nya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS AN-Nisa: 43)

Kondisi junub dan hadas meski perkara yang mubah (boleh), Allah melarang masuk mesjid. Lantas bagaimana dengan orang yang bergumul dengan kotoran yang diharamkan dan najis serta yang syubhat. Mana mungkin Allah SWT menerima ibadahnya?

Mu'adz Ar-Razi berkata, "Ketaatan Itu disimpan dalam gudang-gudang Allah dan kunci untuk membukanya adalah dengan doa, sedangkan gigi-gigi kuncinya adalah rezeki yang diperoleh dengan cara yang halal, apabila kunci itu tidak dimiliki gigi maka pintu itu tidak akan terbuka, dan apabila pintu tersebut tidak dapat dibuka maka bagaimana ia sampai kepada ketaatan."

Orang yang memakan apa yang diharamkan dan yang syubhat itu terhalang dari berbuat kebaikan. Jika ia kebetulan melakukan kebaikan, maka itu tertolak dan tidak diterima oleh Allah SWT kebaikan itu. Jika itu terjadi berarti ia tidak mendapat apa-apa kecuali lelah dan susah serta hanya menghabiskan waktu.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berapa banyak orang yang shalat malam namun tidak mendapatkan apa-apa dari shalat malamnya itu selain kelelahan akibat begadang dan berapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya itu selain rasa lapar dan dahaga saja."

Abdullah bin Abbas mengatakan, "Allah tidak menerima shalat seseorang yang dalam perutnya penuh dengan makanan haram."**/zie/rol




 
Berita Lainnya :
  • Manusia Diperintah Menjaga Perut dari yang Haram dan Syubhat
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved