Pansus Tatib DPRD Riau Diminta Libatkan Sejumlah Tokoh
Kamis, 15-06-2023 - 22:04:17 WIB
Ma'mun Solihin
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Tokoh masyarakat dan akademisi diharapkan dapat terlibat dalam merumuskan tata tertib (tatib) DPRD Riau. Sehingga Perda tersebut berkwalitas dan berdasarkan aspirasi masyarakat.

Harapan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia khusus (Pansus) tatib DPRD Riau Ma'mun Solihin setelah terbentuk pada Senin kemarin, usai memimpin rapat fraksi PDIP DPRD Riau, Kamis (15/6/23).

"Keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh akademisi dan sebagainya dalam perumusan rancangan peraturan daerah itu dimana. Sementara kita perlu juga kita undang mereka untuk diskusi pendalaman dan sebagainya," ujar Solihin.

Ia menilai, perlu adanya payung aturan di tatib untuk kemajuan bersama. Hal ini dimasudkan agar Perdanya berkwalitas dan betul-betul berdasarkan aspirasi masyarakat, ujarnya.

Oleh karena itu ucap Solihin, harus ada sosialisasi rancangan peraturan daerah tersebut.

Sementara ketika disinggung soal kedisiplinan anggota dewan itu sendiri, Solihin mengatakan ada kode etiknya, tidak ada perubahan.

"Kita sudah form kalau itu. Cuma tinggal pelaksanaannya saja. Dan itu sudah diawasi oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau. Itu juga salah satu yang kita perkuat nanti," ucapnya.

Menurutnya, hal-hal yang terkait dengan tatib dan kode etik, harus selalu diingatkan kepada anggota masing-masing fraksi. Dan nantinya ini yang perlu disampaikan kepada pimpinan dewan, agar dijalankan oleh anggota DPRD Riau, ucap Solihin.

Sementara ketika disebutkan bahwa BK DPRD sendiri tidak berkutik menegakkan kedisiplinan kepada anggota dewan, Solihin mengatakan, enggak juga.

"Saya rasa enggak juga. Karena apa, beberapa diantara kita juga sudah dipanggil sama BK. Sudah dipanggil berkali-kali dan dikonfirmasi.

"Hanya saja tidak sama dengan rapat paripurna. BK mengundang itu tidak disampaikan ke media. Jadi saya rasa mereka sudah menjalankan tugasnya dengan baik," tandasnya.**/fin




 
Berita Lainnya :
  • Pansus Tatib DPRD Riau Diminta Libatkan Sejumlah Tokoh
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved