Hadiri Peresmian Polisi RW, Pj Wako Pekanbaru: Semoga Bisa Bantu Tugas Pemko
Rabu, 14-06-2023 - 17:32:47 WIB
Pj Wako Pekanbaru hadiri peresmian Polisi RW
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun berharap Polisi RW menjadi perpanjangan tugas dari pemko. Polisi RW ini dapat memberikan keringanan terhadap kerukunan RW.

"Kami berharap polisi RW ini bisa menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di samping tugas mmenjaga keamanan dan ketertiban," kata Pj Wali Kota Muflihun usai peresmian program Polisi RW di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (14/6/2023).

Sebelumnya, Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakor Binmas) Baharkam Polri Irjen Hary Sudwijanto mengatakan, Polisi RW telah diresmikan di Riau hari ini. Para Polisi RW ini telah siap menjalankan tugas.

Polisi RW ini diharapkan dapat mendeteksi dini permasalahan yang akan menjadi gangguan keamanan. Polisi RW merupakan perpanjangan tangan Polri. Polisi RW lebih kepada aspek pencegahan daripada penegakan hukum.



Sementara Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal mengatakan, lebih dari 4.000 Polisi RW yang sudah didorong agar turun ke 12.000 RW di Provinsi Riau.

Di Riau, katanya ada dua kota yang memiliki satu Polisi RW di tiap RW yaitu Pekanbaru dan Dumai. Kota Pekanbaru memiliki 1 RW 1 Polisi RW.

"Para Polisi RW ini berasal dari personel Polresta Pekanbaru sekitar 500 orang. Sisanya merupakan personel Polda Riau. Polisi RW ini berbasis tempat tinggal (tinggal di lingkungan masyarakat)," jelas Iqbal.

Awalnya, Polisi RW diluncurkan sebagai kebijakan pimpinan Polri di Jakarta. Polisi RW dinilai berhasil menanggulangi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Polisi RW ini dinilai berhasil dalam menekan dan menanggulangi kamtibmas di masyarakat. Apalagi, Pekanbaru memiliki jumlah RW yang cukup banyak.

Sebelumnya kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP Henky Poerwanto, Pekanbaru memiliki Bhabinkamtibmas yang berjumlah 83 orang. Personel Bhabinkamtibmas ini sesuai jumlah kelurahan.

"Karena jumlah RW mencapai 768 orang, maka kami menilai perlu adanya Polmas atau Polisi RW," jelas Hengky.**/zie




 
Berita Lainnya :
  • Hadiri Peresmian Polisi RW, Pj Wako Pekanbaru: Semoga Bisa Bantu Tugas Pemko
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved