Lalulintas Hewan Ternak Masuk Riau Diperketat Menjelang Idul Adha
Jumat, 26-05-2023 - 11:33:12 WIB
Hewan Ternak
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Jelang Hari Raya Idul Adul, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau akan memperketat pemeriksaan lalulintas hewan ternak dari luar Provinsi Riau.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing bebas dari penyakit Sepricaemia Epizootica (SE), atau dikenal dengan sebutan penyakit sapi ngorok. Sebelumnya kasus sapi ngorok di Riau sudah merebak di beberapa kabupaten, terbaru di Kuantan Singingi (Kuansing).

Kepala Dinas PKH Provinsi Riau melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari mengatakan, seluruh ternak yang masuk ke provinsi Riau, dilakukan pengecekan dokumen lalulintas di pos check point kesehatan hewan.

Dokumen dimaksud, di antaranya sertifikat veteriner atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), rekomendasi pemasukan dan rekomendasi pengeluaran. Termasuk dokumen karantina untuk ternak yang masuk melalui menyeberang pulau ke provinsi Riau.

"Pemilik ternak yang tidak memiliki dokumen lengkap akan diarahkan petugas untuk  kembali ke lokasi asal ternak," kata Faralinda Sari, Jumat (26/5/2023).

Faralinda mengakui, untuk melakukan pemeriksaan dokumen hewan ternak dari luar Provinsi Riau, pihaknya masih kekurangan personel, hanya satu petugas yang bertugas shift per 8 jam, dan masih minimnya sarana prasarana pos check point pengawasan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Faralinda, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas peternakan kabupaten kota untuk melakukan pengawasan dan pengamanan hewan ternak sebelum hari raya Idul Adha. MC Riau/amn




 
Berita Lainnya :
  • Lalulintas Hewan Ternak Masuk Riau Diperketat Menjelang Idul Adha
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved