Tiga Jenis Ikan yang Bisa Membantu Mengontrol Kadar Kolestetol
Jumat, 12-05-2023 - 14:54:23 WIB
Ikan Salmon
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kadar kolesterol berlebih dalam darah bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular.

Salah satu cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap sehat adalah dengan mengatur pola makan. Salah satunya bisa dilakukan dengan memasukkan ikan dalam menu harian.

Ada beberapa jenis ikan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Ikan-ikan ini umumnya mengandung asam lemak omega-3.

Mengutip Medical News Today, kandungan asam lemak omega-3 dapat mencegah berkembangnya penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan kadar kolesterol tinggi.

American Heart Association (AHA) bahkan merekomendasikan asupan ikan bagi orang dengan kolesterol tinggi dan disarankan untuk setidaknya mengonsumsi delapan ons ikan setiap pekan.

Lalu ikan apa saja yang mengandung omega-3 dan bisa membantu mengontrol kadar kolesterol? Berikut diantaranya.

1. Ikan salmon
Ikan salmon memiliki banyak protein berkualitas tinggi. Seperti lemak omega-3, yang merupakan protein penting dalam kehidupan sehari-hari.

Protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu tubuh pulih dari cedera, melindungi kesehatan tulang, hingga menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan dan proses penuaan.

Setiap 3.5 ons daging ikan salmon, mengandung 22-25 gram protein. Tentunya, jumlah protein itu sangat bagus.

Ikan Salmon juga disebut-sebut sebagai salah satu ikan tersehat. Salah satu sebabnya karena kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang dimiliki ikan ini.

2. Ikan kod
Ikan kod sarat dengan protein tanpa lemak, vitamin, dan mineral. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol.

Meski tak sebanyak pada ikan berlemak, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan cod tetap bermanfaat untuk tubuh.

3. Ikan makarel
Ikan makarel sebenarnya merupakan sebutan untuk sekelompok ikan yang berasal dari famili Scombridae. Ikan ini masih bersaudara dengan ikan tenggiri dan ikan kembung.

Umumnya ikan makarel hidup di laut lepas, meski ada beberapa yang bisa ditemukan di perairan teluk. Baanyak orang yang mengira bahwa ikan makarel sama dengan ikan sarden. Tetapi keduanya adalah ikan yang berbeda.
 
Keduanya nampak sama, tetapi ikan sarden berukuran lebih kecil daripada ikan makarel. Dari tampilan luarnya, kulit ikan makarel berwarna gelap berminyak. Sedangkan, permukaan kulit ikan sarden berwarna keperakan dengan tekstur lebih kering

Sama seperti salmon, ikan makarel juga kaya akan asam lemak omega-3. Selain itu, ikan berlemak satu ini juga mengandung vitamin B12 dan selenium yang baik untuk kesehatan.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Tiga Jenis Ikan yang Bisa Membantu Mengontrol Kadar Kolestetol
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved