Panglima TNI: Syarat KKB Bebaskan Pilot Susi Air Ditukar dengan Senjata
Kamis, 06-04-2023 - 10:25:38 WIB
Panglima TNI
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua masih berkeinginan menukar pilot Susi Air Kapten Philips Mark Marthens yang mereka sandera, dengan sejumlah amunisi dan senjata api.

Hal tersebut kata Panglima, terungkap saat pertemuan negosiasi antara pemerintah daerah dengan kelompok penyandera. 

Panglima juga mengatakan, langkah persuasif terus dilakukan TNI untuk menghindari adanya kontak senjata yang bisa berdampak kepada warga sipil.

"Masyarakat harus bersabar untuk mendengarkan kabar pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut. Sebab proses negosiasi membutuhkan waktu yang panjang," katanya.

Mereka yang melakukan mediasi kata Panglima, juga harus bekerja kerad. Untuk menuju ke daerah KKB ini tidak gampang, karena bukan di daerah yang bisa ditempuh dengan kendaraan,

"Mereka butuh berhari-hari untuk menuju ke tempatnya ini," kata Yudo. 

Panglima TNI juga mengatakan, (Pj) Bupati Nduga Namia Gwijangge juga telah memintanya untuk bersabar menunggu hasil negosiasi yang dilakukan pemerintah daerah.

Bahkan, Namia Gwijangge juga meminta supaya Panglima TNI tidak menggunakan cara militer dalam proses penyelamatan pilot asal Selandia Baru tersebut karena dapat membahayakan masyarakat sipil. 

"Ini berdasarkan dari tokoh masyarakat maupun Bupati Nduga yang selalu mengerem saya, meminta saya untuk sabar dulu pak sabar, saya akan usahakan (negosiasi). Karena nanti dampaknya ini bukan apa namanya, dampaknya akan lebih besar lagi, kerugiannya akan lebih berdampak besar kerugiannya oleh masyarakat kita," kata Panglima. 

Diketahui, selama masa pencarian, KKB sempat memberitahu kondisi pilot Susi Air baik-baik saja. Hal tersebut terlihat dari foto dan video yang mereka sebarluaskan. Namun, kelompok tersebut mengancam akan membahayakan Kapten Philips jika pemerintah berani menyerang mereka.

Bahkan kelompok penyandera sempat ingin membebaskan Kapten Philips dengan negoisasi yakni meminta agar Philips ditukar dengan sejumlah amunisi dan senjata api. Hal tersebut diungkap Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Timika, Kamis 23 Februari 2023.**/ara

 




 
Berita Lainnya :
  • Panglima TNI: Syarat KKB Bebaskan Pilot Susi Air Ditukar dengan Senjata
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved