Target Pemerintah, 50 Juta Penduduk Punya KTP Digital Tahun Ini
Sabtu, 11-02-2023 - 15:07:07 WIB
KTP Digital. Foto ilustrasi Internet
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengganti KTP elektronik atau e-KTP menjadi KTP digital. Tahun ini ditargetkan 50 juta penduduk sudah beralih ke KTP Digital. Pergantian ini untuk mengatasi penerbitan e-KTP yang masih banyak dikeluhkan masyarakat.

"Pak Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan agar menggunakan pendekatan asimetris, yakni dengan digitalisasi dokumen kependudukan termasuk penerapan identitas kependudukan digital (IKD). Jadi, KTP elektronik diganti KTP digital," ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh, Sabtu (11/2/2023).

Menurut Zudan, terdapat tiga kendala pencetakan e-KTP. Pertama, pengadaan blanko e-KTP yang mengambil porsi cukup besar anggaran Dukcapil. Kedua, harus menyediakan printer dengan ribbon, cleaning kit dan film. Ketiga, kendala jaringan internet di daerah.

"Kalau ada kendala jaringan, pengiriman hasil perekaman e-KTP tidak sempurna. Walhasil, KTP tidak jadi, karena failer enrollment. Perekaman sidik jari pun gagal karena tidak terkirim ke pusat. Mengatasi kendala jaringan, ditambah pengadaan peralatan dan blanko itu mahal sekali," ungkap Zudan.

Belum lagi, kata Zudan, ada pemekaran 11 kecamatan, 300 desa/kelurahan terutama di daerah otonomi baru (DOB) Papua. Zudan menjelaskan, Dukcapil menargetkan sebanyak 25 persen dari 277 juta penduduk Indonesia menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) tahun ini. Target ini juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/kota di Indonesia.

"Mari kita bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di hapenya," ujar Zudan.

Untuk mendaftarkan aplikasi IKD, harus didampingi petugas Dukcapil karena memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

"Sekali datang pemohon bisa langsung dapat KTP Digital, dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan lainnya sudah bisa langsung dipindahkan data digitalnya ke HP pemohon," kata Zudan.**/zie/bst




 
Berita Lainnya :
  • Target Pemerintah, 50 Juta Penduduk Punya KTP Digital Tahun Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved