Bappenas Launching Portal Satu Data Indonesia
Jumat, 23-12-2022 - 17:54:35 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI hari ini  Jumat (23/12/2022), resmi melaunching portal Satu Data Indonesia (SDI)di Jakarta.

Menurut Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN Bappenas sekaligus Koordinator Forum SDI, Rudy S Prawiradinata, peluncuran SDI ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang SDI.

"Portal SDI adalah media bagi pakai data secara nasional melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

Ia menyebutkan, dalam penyiapan SDI sudah banyak yang telah dicapai dalam segi penguatan pondasi. SDI sejak tahun 2021 dan sampai 2022 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan asistensi lebih dari 800 kali yang terkait penyelenggaraan SDI baik di tingkat pusat dan daerah.

"Keterhubungan portal SDI dengan kementerian/lembaga (KL) sebesar 58 persen atau 48 dari 83 KL. Kemudian provinsi lebih besar lagi, sebesar 68 persen atau dari 26 dari 38 provinsi. Untuk kabupaten kota memang relatif masih rendah 18 persen atau 95 kabupaten kota dari 514, namun ini tentunya masih berproses secara signifikan," ucapnya.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN Bappenas menerangkan, portal SDI telah menginventarisir lebih dari 136.500 data set, yang sampai saat ini masih terus bertambah.

Rudy S Prawiradinata menerangkan, melalui komitmen dan dukungan pembina data yaitu Badan Pusat Statistik, Badan Informasi Geospasial dan Kementerian Keuangan, SDI telah memperkuat landasan terhadap standar data dan meta data.

Hal tersebut melalui penerbitan peraturan BPS dan peraturan badan informasi geospasial tentang pedoman standar data dan struktur format baku meta data statistik dan spasial.

"Standar data dan meta data keuangan mengacu kepada Integrated financial management information systems (IFMIS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan," sebutnya.

Koordinator Forum SDI tersebut melanjutkan, pada tahun 2022 ini forum satu data telah mencapai beberapa kesepakatan penting. Diantaranya adalah sinkronisasi dan harmonisasi penyelenggaraan SDI tahun 2022 yang merupakan kesepakatan dalam rapat dewan pengarah tahun 2022.

Kemudian kesepakatan dan penetapan data prioritas tahun 2022 melalui keputusan Menteri PPN tentang penetapan data prioritas tahun 2022, dan kesepakatan dan penetapan rencana aksi SDI tahun 2022-2024.

"Dalam portal satu data Indonesia terdapat beberapa fitur yang terdiri dari layanan tata kelola satu data Indonesia dan platform satu data Indonesia. Fitur komponen pendukung ini akan menunjang permintaan data antar instansi, pelaksana forum satu data Indonesia, manajemen akses dan manajemen keamanan," ucap Rudy S Prawiradinata.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Bappenas Launching Portal Satu Data Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved