Curah Hujan Tinggi, Lahan Milik Warga Desa Simpang Ayam Bengkalis Dilanda Abrasi
Minggu, 11-12-2022 - 18:40:13 WIB
Lahan yang dilanda abrasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Ribuan hektar (ha) lahan masyarakat Dusun 03 RT 02 RW 06 Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, terkena abrasi, akibat hujan deras yang turun pada Sabtu malam (10/12 2022).

Lahan yang terdampak abrasi luasnya mencapai 1000 x 1000 meter dengan kedalaman 4 meter dengan titik koordinat 1°36'7,668" N 102°3'28,896"E.

Kades Simpan Ayam, Mujiono mengatakan, abrasi yang terjadi di Desa Simpang Ayam ini sudah cukup lama. Pemerintah Desa (Prmdes) juga sudah sering mengikuti rapat terkait hal tersebut. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan, baik dari Pemerintah daerah dan Provinsi Riau serta Pemerintah Pusat.

"Kami mohon kepada Pemerintah agar tidak menutup mata dengan kejadian di Desa kami saat ini. Apa lagi cucuran hujan yang begitu tinggi di bulan ini, membuat ribuan hektar perkebunan masyarakat terdampak abrasi dan juga diakibatkan kanal kanal perusahan PT Meskom Agro Sarimas (MAS) yang tidak berfungsi," ucap Kades, Minggu (11/12/ 2022).

Kades juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas perkebunan di daerah yang saat ini masih parah.

"Kami minta kepada seluruh masyarakat Desa Simpang Ayam untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah yang terdampak abrasi," kata Kades.

Selain itu, Danramil 01 Bengkalis Kapten Cpl Farimus Hendriko saat meninjau lokasi perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi menuturkan, kejadian ini adalah tanggung jawabnya terhadap wilayah binaan dan berjanji akan segera menindaklanjuti dan mengkoordinasikan dengan Komando atas serta akan membahasnya saat rapat bersama Pemda nanti.

"Keadaan geografis Desa Simpang Ayam terletak di bagian barat Pulau Bengkalis, berhadapan dengan Selat Malaka dan beberapa hari ini curah hujan yang tinggi dan ombak laut yang sangat kencang, mengakibatkan tergerusnya bibir pantai dan mengakibatkan tanah bergeser dan abrasi," ungkap Danramil.

Danramil juga berpesan kepada Babinsa agar selalu memantau lokasi tersebut dan segera melaporkan jika ada kejadian.

"Kita minta kepada Babinsa agar selalu memonitor jika terjadi cuaca buruk dan selalu melaporkan ke Danramil 01/Bengkalis tentang situasi Desa binaannya," ungkap Danramil.**/ris




 
Berita Lainnya :
  • Curah Hujan Tinggi, Lahan Milik Warga Desa Simpang Ayam Bengkalis Dilanda Abrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved