Tour de Muara Takus, Sekda Kampar: Bertabur Kuliner Khas Daerah dan Gratis
Kamis, 10-11-2022 - 20:54:33 WIB
Sekda Kampar didampungi Ketua ISSI dan Kabid Humas Polda Riau
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Jelang pelaksanaan Tour de Muara Takus Sabtu (12/11/2022), Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Provinsi Riau menggelar jumpa pers dengan wartawan se Provinsi Riau. Acara dipimpin Sekda Kampar Drs. H. Yusri. didampungi Kapolda Riau yang diwakili Kabid Humas Sunarto, Ketua ISSI Riau Syahrial dan Danrem Riau yang diwakili, Kamis (10/11/2022).

Menurut Yusri, Tour de Muara Takus ini diikuti 20 Provinsi se Indonesia, serta satu Negara tetangga, yakni Malaysia yang membawa sembilan tim dan juga kedatangan dua tim profesional.

"Tour de Muara Takus ini akan melalui empat titik," kata Sekda.

Titik Pertama yaitu di Istana Kesultanan Kerajaan Kampa. Sampai di sini pemerintah Kabupaten Kampar akan memanjakan seluruh peserta dan masyarakat Provinsi Riau, dengan kuliner khas Kampar, serta makanan tradisional dan makanan UMKM lokal Kampar.

"Gratis semua, makanlah sampai puas, ini adalah pesta rakyat," kata Yusri.

Titik kedua di Balai Bupati Kampar. Juga disambut dengan makanan khas Kampar, makanan UMKM lokal Kampar serta makanan tradisional ada di sana.

Titik ketiga yaitu di Dermaga PLTA Koto Kampar di Batu Bersurat, yang menyediakan kelapa muda khas Kampar, siapa saja boleh minumnya serta melihat keindahan alam di sana.

Titik Ke empat yaitu Candi Muara Takus. Disini merupakan acara puncaknya dan akan disambut oleh ninik mamak. Sebelum makan dilakukan acara adat yang dikenal dengan Basiacuong.

"Inilah adat Kampar yang memiliki falsafah tali bapilin tigo, tigo tungku sajaghangan, disana ada alim ulama, ninik mamak dan pemerintah. Disini juga menyedikan pasar murah serta memberi sembako untuk anak yatim serta fakir miskin," kata Yusri.

Sekda Kampar mengatakan, pihaknya ingin menyukseskan even ini serta even ini akan menjadi even tahunan dengan tuan rumah Kabupaten Kampar.

Dalam acara ini, Ketua ISSI Riau Syahrial mengatakan bahwa di Provinsi Riau ini ada 2 Icon sejarah diantaranya Istana Siak dengan Even Toer De Siak dan Candi Muara Takus dengan Even Tour De Muara Takus.

"Tour de Muara takus ini menjadi Even umum untuk semua orang yang mau mengikutinya. Juara pertama akan mendapatkan penghargaan serta uang tunai Rp 20 juta,' katanya.

Kapolda Riau yang diwakili oleh Kabid Humas Sunarto mengatakan Polda Riau berkomitmen untuk Mendukung terselenggaranya Even Toer De Mura Takus ini.

“Polda Riau beserta TNI telah menyiapkan pola oengamanan selama even ini berlangsung dengan mempersiapkan personil agar even ini aman dan kondusif," uungkapnya.

Menurutnya, Polda Riau menurunkan 1.631 personil untuk mengamankan Even Tour De Muara Takus sampai selesai.

"Kita juga menetapkan sistem pengamanan jalan Rute, Kami Lakukan bukak tutup per pit stop, gunanya supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," kata Sunarto.**/sld




 
Berita Lainnya :
  • Tour de Muara Takus, Sekda Kampar: Bertabur Kuliner Khas Daerah dan Gratis
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved