Beberapa Kesalahan Mengolah Kentang yang Membuat Diet Gagal
Kamis, 06-10-2022 - 15:45:38 WIB
Kentang
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Mereka yang melakukan diet salah satunya memilih mengkomsumsi kentang sebagai pengganti nasi, karena kentang dapat mencukupi asupan karbohidrat harian. Kentang yang termasuk jenis umbi-umbian ini juga memiliki vitamin A, C, protein, serat pangan dan natrium.

Ternyata kemudian banyak yang mengatakan diet mereka tidak berhasil meski pun sudah mengganti nasi dengan kentang. Salahnya dimana? Ternyata cara mengolah kentang dan porsi yang dimakan bisa membuat gagal diet.

Apa saja kesalahan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Terlalu banyak

Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi kentang idealnya per hari sekitar 1 buah jika berukuran sedang atau cukup besar. Jika jumlah kentang yang dimakan dalam sehari melebihi batas wajar, tentu akan menyebabkan kalori harian bertambah.

Apalagi saat makan kentang juga dicampur dengan menu yang mengandung lemak, seperti ditambah mentega, krim susu, saus tomat, atau keju. Tentu nila kalorinya sudah berbeda.

Tetapi hanya mengonsumsi kentang saja selama seharian penuh juga salah. Tubuh juga perlu melengkapi asupan lain yang nutrisinya tidak ada pada kentang. Seperti ikan, daging tanpa lemak, sayuran hijau, serta buah-buahan. komsumsi

Karena itu komsumsi kentang dengan cara mengolah yang benar, seperti direbus, kukus atau dibakar dan tanpa campuran lemak lainnya, tetap dicampur dengan asupan protein seperti ikan, daging dan sayuran.

2. Digoreng

Mengolah kentang dengan cara digoreng dapat menghilangkan manfaat gizi kentang itu sendiri. Selain itu, kentang atau french fries biasanya tinggi lemak trans karena pengaruh dari hidrogenasi. Yaitu pemanasan dengan suhu tinggi saat digoreng.

3. Membuang kulit

Kentang mempunyai 3,8 gram serat yang terdapat pada bagian kulit. Apabila sedang diet, kulit kentang ini sebaiknya tidak dibuang dan ikut dimakan. tetapi tentu perlu diperhatikan cara membersihkannya.

Kulit kentang harus benar-benar dicuci bersih. Bila perlu sikat bagian kulit luar lalu rendam sebentar, baru kemudian diolah sesuai selera.

4. Sebagai pendamping

Kentang tentu dijadikan makanan utama pengganti nasi putih atau roti selama menjalani diet. Selain itu, jangan pilih kentang sebagai makanan pendamping karena kemungkinan kita akan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlipat.**/ara







 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Kesalahan Mengolah Kentang yang Membuat Diet Gagal
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved