Destinasi Wisata Panco Beach di Kampar Sepi, Dosen IBTPI Bantu Carikan Solusi
Minggu, 25-09-2022 - 15:28:53 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Meskipun sudah menjadi destinasi wisata baru, tetapi Panco Beach, sebuah kawasan di Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, masih minim pengunjung.

Padahal kawasan ini memiliki pemandangan indah yang terdiri dari sungai, bukit dan hamparan tanah landai seperti pantai, yang seharusnya mampu menyerap kunjungan wisata yang banyak.

Karena itu tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia (IBTPI),
turun ke Panci Beach untuk memetakan kendala dan masalah, yang menyebabkan tidak banyak pengunjung datang ke lokasi ini.

Menurut Ketua Tim PKM IBTPI, Helly Aroza Siregar, Minggu (25/9/2022) dia dan dua anggotanya yaitu DR Suroyo dan M Hasmil Adiya dan melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa IBTPI berusaha membantu memecahkan masalah ini.

Menurut Helly, pemberdayaan masyarakat setempat berbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panbo Beach sangat penting sekali. Ini merupakan bentuk pariwisata berbasis masyarakat atau dikenal dengan istilah Community Based Tourism (CBT).

''Pariwisata berbasis masyarakat merupakan kegiatan kepariwisataan yang sepenuhnya dimiliki, dijalankan, dan dikelola oleh masyarakat, sehingga berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui mata pencaharian yang berkelanjutan, dan melindungi tradisi sosial-budaya yang bernilai maupun sumber daya alam dan warisan budaya,'' kata Helly Aroza.

Disampaikannya, pihak pengelola dibantu Pokdarwis Panbo Beach telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan, namun masih terkendala. Masalah lainnya adalah pengelolaan keuangan yang masih sederhana.

''Untuk itu, kami melakukan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website dan pelatihan pembuatan laporan keuangan. Kami awali dengan FGD untuk mengalisis situasi dan kebutuhan mitra Panbo Beach. Hasil data-data dan keterangan yang diperoleh dari FGD kemudian dituangkan dalam bentuk website Panbo Beach dengan alamat http://panbobeach.com/.'' kata Helly Aroza.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada 18 September 2022 dengan menghadirkan dua orang narasumber. Materi pelatihan pengoperaian website disampaikan oleh Rangga Rahmadian Yuliendi MKom. Materi pelatihan pembuatan laporan keuangan disampaikan Febdwi Suryani.

''Kami berharap pelatihan ini bisa memperbaiki kondisi sebelumnya dan meningkatkan pengunjung ke Panbo Beach, sehingga mampu memajukan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar Panbo Beach dan di Kabupaten Kampar pada umumnya,'' kata Helly Aroza.**/dia




 
Berita Lainnya :
  • Destinasi Wisata Panco Beach di Kampar Sepi, Dosen IBTPI Bantu Carikan Solusi
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved