Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1442 Jatuh 13 April 2021
Rabu, 10-02-2021 - 20:28:13 WIB
TERKAIT:
   
 

JAKARTA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menerbitkan maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab terkait pelaksanaan ibadah puasa Ramadahan 142 H atau tahun 2021.

Maklumat itu menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha 1442 H yang dilakukan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, dilakukan tim Majlis Tarjih dan Tajdid. 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa 13 April 2021 M, 1 Syawal 1442 H bertepatan dengan Kamis 13 Mei 2021 M, dan Idul Adha bertepatan dengan Selasa, 20 Juli 2021 M.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir dalam rilisnya menjelaskan, dalam menentukan hari-hari penting menyangkut pelaksanaan ibadah dalam Islam, Muhammadiyah menggunakan metode hisab. Hal serupa juga dilakukan untuk menetapkan jadwal waktu shalat, gerhana, dan arah kiblat.

"Perhitungan waktu dan arah tersebut dilakukan dengan perhitungan terhadap posisi-posisi geometris benda-benda langit, khususnya matahari, bulan, dan bumi yang digunakan untuk menentukan waktu-waktu dan arah di muka bumi," jelasnya.

Menurutnya, pengkajian geometris itu merupakan bagian dari peradaban Islam yang disebut dengan ilmu haiah atau astronomi, yang kemudian populer dengan sebutan ilmu falak. Ilmu ini, jelasnya, jauh lebih luas dari sekadar mempelajari posisi geometris benda langit untuk tujuan praktis seperti penentuan waktu.

Ilmu falak syar’i, terkadang disebut pula dengan ilmu hisab. Hanya saja penamaan dengan ilmu hisab ini populer di kalangan ahli fikih.

Menurutnya, sesungguhnya ilmu hisab bukan ilmu falak melainkan adalah ilmu hitung atau aritmetika, yaitu suatu cabang pengetahuan yang mengkaji tentang bilangan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Hisab yang digunakan Muhammadiyah adalah hisab wujud al-hilal, yakni metode menetapkan awal bulan baru yang menegaskan, bulan Qamariah baru dimulai apabila telah terpenuhinya tiga parameter, yakni telah terjadi konjungsi atau ijtimak, ijtimak itu terjadi sebelum matahari terbenam, dan pada saat matahari terbenam bulan berada di aras ufuk," kata Haedar Nashir.***/ril




 
Berita Lainnya :
  • Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1442 Jatuh 13 April 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved