Bupati Bengkalis Buka Penyusunan Rencana Aksi Daerah PAUD HI
Rabu, 20-07-2022 - 19:23:23 WIB
Bupati Bengkalis saat acara PAUD HI
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melakukan rapat penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) mengenai PAUD HI, Selasa (19/7/2022), di ruang rapat Hangtuah lantai II Kantor Bupati Bengkalis. Rapat ini dibuka langsung Bupati Bengkalis Kasmarni.

Rapat ini sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang memerlukan adanya rencana aksi nasional.  

Bupati Bengkalis menyebut, usia dini merupakan usia emas bagi seseorang. Artinya, bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya.

"Diharapkan seluruh dimensi pengembangan akan tumbuh dan berkembang, saling mempengaruhi dan dipengaruhi satu dengan lainnya. Untuk itu, anak membutuhkan stimulasi holistik atau menyeluruh, yang meliputi stimulasi pendidikan, kesehatan dan gizi, dan psikososial," ucapnya.

Lanjut Bupati yang juga merupakan Bunda PAUD ini, Pemkab Bengkalis sangat mendukung program penyelenggaraan PAUD HI. Bahkan beberapa kegiatan telah dilaksanakan.

Diantaranya dengan diterbitkan Peraturan Bupati Bengkalis tentang pelaksanaan PAUD holistik terintegratif, pembentukan sub gugus tugas PAUD holistik integratif, perjanjian kerjasama Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis dengan organisasi Perangkat Daerah terkait, pembentukan tim penanggulangan stunting, pembentukan Pokja Bunda PAUD Kabupaten serta kegiatan lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis tetap berkomitmen dan memiliki perhatian yang besar pada program Paud Holistik Integratif ini. Makanya dalam salah satu dari tiga misi Pemerintah Daerah penjabaran visi mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera yakni mewujudkan pengelolaan potensi keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang efektif dalam memajukan perekonomian, melaluiprogram pengembangan anak usia dini," kata Bupati.

Menurut Bupati, selain untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait juga mendukung pengembangan anak sebagai tujuan mewujudkan anak sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia di Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kholijah menyebut, penyusunan Rencana Aksi Daerah adalah salah satu bukti keseriusan Pemkab Bengkalis untuk memberikan dukungan terhadap pelayanan pendidikan anak usia dini, karena dokumen itu nanti merupakan dokumen komitmen daerah untuk menjalankan dan upaya untuk memenuhi hak anak usia dini yang holistik integratif dan menjadi pedoman bagi organisasi Perangkat Daerah.

"Harapan kita bersama, semoga melalui pelaksanaan PAUD Holistik Integratif ini juga dapat memberikan dan melahirkan rumusan–rumusan yang bisa membawa kemajuan dan perbaikan di bidang pendidikan di Indonesia terutama Kabupaten Bengkalis, sehingga tujuan untuk mewujudkan Bengkalis “Bermasa” (bermarwah, maju dan sejahtera) lebih mudah tercapai," ujarnya.

Usai dibuka Bupati Kasmarni, Rapat dilanjutkan dengan Sekda Bustami HY, Kepala Dinas Pendidikan Kholijah, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Akna Juita Fasilitator Penyelenggaraan PAUD HI Nurhaida Selian, Bunda PAUD Kecamatan, Perangkat Daerah serta organisasi terkait.**/ris/inf




 
Berita Lainnya :
  • Bupati Bengkalis Buka Penyusunan Rencana Aksi Daerah PAUD HI
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved