Hadirkan Taufik Ikram Jamil, Teratak Literasi dan GRM Taja Bincang Buku
Senin, 21-03-2022 - 06:17:09 WIB
Acara bincang buku di Teratak Literasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Gerakan Riau Membaca (GRM) bekerja sama dengan Teratak Literasi, menggelar acara Bincang Buku di Teratak Literasi Pekanbaru, Minggu (20/3/2022).

Dua puluhan lebih pegiat literasi hadir di forum bincang buku tersebut. Buku yang didiskusikan adalah karya sastra, kumpulan cerita pendek karya Norham Abdul Wahab dengan judul "Faqih Yang Kesepian."

Narasumber tunggal dalam acara ini adalah Datuk Taufik Ikram Jamil, yang juga menuliskan prolog dalam buku yang terbit di Februari tahun 2022 tersebut.

"Saya tidak setuju ketika orang mengatakan suatu karya sudah keluar maka mati lah seorang pengarang. Seorang pengarang harus bertanggung jawab atas karyanya. Faqih Gani seorang yang sangat luar biasa, tulisan latinnya bagus, orang yang ditakuti juga dikagumi dengan kemampuan yang tidak masuk akal manusia," kata Taufik Ikram Jamil.

Menurut Taufik Ikram, salah satu karakter kesusastraan di Riau adalah sosio religi. Norham Abdul wahab adalah salah satu penulis yang melekat dengan karakter itu. Tulisan-tulisannya banyak menyoroti berbagai problematika sosial keagamaan yang ia amati dengan sudut pandang sufistik.

"Dan dari jejak kehidupannya, dapat kita simak mengapa ia saat ini memilih bertahanus di pondok Temboro Jawa Timur. Semua tak lepas dari perspektif sosio religi yang dianutnya," kata Taufik Ikram.

Selain mengulas buku, Taufik Ikram Jamil juga memberikan pengalaman-pengalamanya saat memulai jadi penulis. Banyak inspirasi yang bisa dipetik dari situ. Bagaimana ia bekerja di perusahaan Kompas, yang ia sebut sebagai “surga” sang penulis.

Taufik juga menyoroti munculnya degradasi kesusastraan di Indonesia pada umumnya dan Riau pada khususnya. Dan dia bersyukur adanya inisiasi kegiatan bincang buku di komunitas rumah baca.

“Ini sudah banyak sekali yang hadir. Jika yang hadir selalu begini, saya optimis masa depan dunia literasi di Riau akan lebih baik,” ucapnya.

Bincang buku ini juga dihadiri oleh Dr. Promadi, Kepala Pusat Bahasa UIN Suska Riau yang sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Sementara Wamdi, sebagai moderator kegiatan dan inisiator Gerakan Riau Membaca berharap melalui program sederhana Gerakan Riau Membaca 1 buku 1 bulan akan meningkatkan indeks literasi di Provinsi Riau.

"Saya berharap setiap komunitas literasi memiliki agenda literasi yang terstruktur baik, sehingga denyut literasi selalu hidup dalam mencerahkan masyarakat”, tukasnya.

Pamula Trisna Suri, Ketua Teratak Literasi, yang juga pengajar di SMP4 Pekanbaru merasa terhormat dengan kedatangan Datuk Taufik Ikram Jamil beserta teman-teman pegiat literasi dalam bincang buku ini.

"Kami siap menjadi tuan rumah untuk kegiatan berikutnya. Teratak Literasi disediakan untuk belajar, berdiskusi dan berbagi ilmu khususnya bidang literasi. Di sini tersedia berbagai koleksi buku diantaranya buku sastra, novel, puisi, pantun, ekonomi, budaya, sosial , agama dan lain sebagainya," ujarnya.

Selain bincang buku, Teratak Literasi memiliki program andalan lain seperti menulis pantun, bedah film, bazar buku, literasi digital, dan sebagainya.

"Masyarakat dapat membaca buku-buku koleksi Teratak Literasi kapanpun juga tanpa dipungut biaya sama sekali. DI teratak Literasi juga tersedia wifi, kopi, dan view sunset yang indah," kata Ketua Teratak Literasi.**/zie




 
Berita Lainnya :
  • Hadirkan Taufik Ikram Jamil, Teratak Literasi dan GRM Taja Bincang Buku
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved