Kodim 0303 Bengkalis Resmikan Kampung Pancasila di Jalan Pahlawan
Jumat, 11-03-2022 - 19:09:12 WIB
Peresmian Kampung Pancasila
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Memperkokoh semangat persatuan Pancasila, diperlukan upaya berkesinambungan untuk  menanamkan semangat dan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda dan beragam suku (etnis).

Terkait hal tersebut, Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto meresmikan Kampung Pancasila yang dipusatkan di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Jumat (11/3/2022).

Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto mengatakan, program Kampung Pancasila dilakukan melalui tiga tahapan yakni, interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila. Sedangkan, proses pelaksanaannya mencakup bidang sosial, budaya dan ilmiah.

"Pemilihan lokasi yang dijadikan Kampung Pancasila, salah satunya berdasarkan tingkat toleransi antar pemeluk agama yang tinggi. Proses pembentukanya kita lakukan bergotong royong dengan masyarakat," kata Dandim.

Dia melanjutkan, kegiatan Kampung Pancasila, antara lain meliputi gotong royong, musyawarah membahas berbagai persoalan, siskamling, sosialisasi nilai-nilai pancasila, kegiatan keagamaan dan kegiatan Sosial.

"Intinya Kampung Pancasila akan menjadi percontohan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, memang sudah sepantasnya kelurahan Bengkalis kota dijadikan kampung Pancasila. Karena, Kelurahan Bengkalis kota merupakan wilayah yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama suku dan profesi, akan tetapi kehidupan masyarakatnya sangat rukun dan damai.

"Artinya kelurahan Bengkalis kota benar-benar bisa menjadikan Pancasila sebagai lambang dasar negara Indonesia,"ungkapnya lagi.

Dengan di resmikan Kampung Pancasila oleh Kodim 0303/Bengkalis, sangat direspon positif oleh Kepala Desa yang hadir dalam peresmian Kampung Pancasila di Kecamatan Bengkalis.

Kepala Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis, Syaiful menyampaikan, apresiasi dari mengatakan bahwa hal yang di lakukan oleh Kodim Bengkalis sangat baik, tujuannya adalah ingin mengayomi suku dan agama yang ada di kabupaten Bengkalis ini.

"Kita bangga dengan peresmian Kampung Pancasila ini, karena bisa menanamkan ideologi pancasila," ujar Syaiful.

Ia berharap adanya berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Pancasila, dapat membangkitkan semangat warga untuk berkreasi positif dimasa pandemi ini. Serta meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan ini, kata Syaiful lagi, merupakan rasa Kepedulian serta rasa Keprihatinan TNI-AD. Khususnya Kodim 0303/Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

"Dimana norma serta pengamalan Pancasila diera milinial ini sudah pudar, untuk itu Kampung Pancasila yang di gagas di Kelurahan Bengkalis Kota ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat serta pengamalan dari pemahaman Pancasila bisa di amalkan di tengah masyarakat," kata Syaiful.**/fik




 
Berita Lainnya :
  • Kodim 0303 Bengkalis Resmikan Kampung Pancasila di Jalan Pahlawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved