Kenapa Isra' Mikraj Rasulullah SAW Terjadi Malam Hari?
Minggu, 27-02-2022 - 08:54:40 WIB
Foto ilustrasi
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada tanggal 27 Rajab diabadikan dalam Al-Qur'an sebagai tanda-tanda kebesaran Allah. Semua bisa terjadi hanya atas kuasa Allah SWT.

Isra' Mikraj terjadi saat Rasulullah SAW mengalami kesulitan menghadapi orang-orang kafir Makkah yang menolak dakwah beliau. Lalu Allah menyenangkan hati Nabi SAW dengan memberikan perjalanan dari Masjid Al-Haram Makkah ke Masjidil Aqsha Palestina.

Allah berfirman dalam surat Al-Isra ayat 1, yang artinya: "Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al-Isra Ayat 1).

Isra' yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa pada waktu malam. Sedangkan peristiwa Mi'raj yaitu naiknya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha (Mustawa).

Allah meng-isra'-kan hamba-Nya di malam hari, karena waktu itulah yang paling utama bagi para hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan waktu paling baik untuk beribadah kepada-Nya.

Allah menyebutkan alasan mengapa Nabi Muhammad diperjalankan pada malam hari, yaitu untuk memperlihatkan kepada Nabi tanda-tanda kebesaran-Nya.

Tanda-tanda itu disaksikan oleh Nabi dalam perjalanannya dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, berupa pengalaman-pengalaman berharga. Betapa luasnya jagat raya dan agungnya Allah Maha Pencipta.

Mayoritas ulama juga berpendapat bahwa perjalanan Isra' Rasulullah SAW dilakukan dengan ruh dan jasad dan dalam keadaan sadar, bukan dalam keadaan tidur.

Hadis-hadis menyebutkan bahwa Nabi Muhammad diperjalankan pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa atas izin Allah di bawah bimbingan Malaikat Jibril. Sebelum Rasulullah diperjalankan pada malam itu, hatinya diisi iman dan hikmah, agar beliau kuat menghadapi segala macam cobaan dan tabah dalam melaksanakan perintah-Nya.**/zia/int

 

 




 
Berita Lainnya :
  • Kenapa Isra' Mikraj Rasulullah SAW Terjadi Malam Hari?
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved