Sekda Kampar: Empat OPD Kunci Raih Penghargaan Layanan Publik Terbaik
Selasa, 15-02-2022 - 13:31:26 WIB
Sekda Kampar dan Ombudsman
TERKAIT:
   
 

BNEWS -  Kunci utama penilaian Ombudsman Indonesia yang membuat Kampar bisa meraih Penghargaan Standar Kaya Publik Nasional, tergantung pada Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan Publik, termasuk Diskominfo.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, usai melakukan Konsultasi dan Koordinasi Kepastian Standar Pelayanan Publik di Ombudsman RI Perwakilan Riau Pekanbaru, Selasa (15/2/2022).

Lebih lanjut Yusri menjelaskan, bahwa untuk mepertahankan Penghargaan terbaik layanan publik se-Indonesia tersebut, terfokus terutama apa dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Selain empat OPD tersebut, ada juga Dinas sebagai penunjang imformasi kepada masyarakat adalah Dinas Komunikasi, Imformatika dan Persandian Kabupaten Kampar yang selalu keras dalam publikasi melalui Website kamparkab.go.id.

"Semenjak Kampar ditetapkan sebagai Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik tahun 2021 kategori Pemerintah Kabupaten dari 416 Kabupaten se-Indonesia, banyak publik mempertanyakan kenapa Kampar bisa dapat, banyak daerah lain memiliki fasilitas lengkap dalam pelayanan publik," kata Yusri.

Namun ternyata, lanjut Yusri bahwa semua itu dinilai Ombudsman mulai dari Ombudsman tingkat provinsi bagaimana tingkat kepuasan masyarakat dalam layanan dan informasi, baik layanan secara langsung maupun secara online yang sedikit mendapatkan keluhan dari masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dalam pelayanan publik dan menjawab tantangan untuk mempertahankan penghargaan ini, Yusri juga menyampaikan bahwa Kampar sebelumnnya juga telah melakukan berbagai inovasi, seperti Percepatan Administrasi OPD yang tinggi dalam layanan publik, Mendirikan Mal Pelayanan Publik, Peningkatan Pelayanan di RSUD dengan menempatkan di pelayanan orang dari BPJS, Dinas Capil dan Dinaa Sosial serta membuat Anjungan Disdukcapil Mandiri atau (ADM).

"Dengan perolehan penghargaan ini tentunya kita bukan saja mendapat penghargaan tapi realisasi pelayanan di masyatakat, Kampar akan dijadikan sebagai daerah rujukan dan contoh bagi Kabupaten /Kota lain, inilah yang kita jaga dan tingkatkan pada semua OPD di lingkup Pemkab Kampar," tutup Sekda Kampar.

Untuk diketahui hasil dari penilaian Ombudsman yang menjadikan Kampar peringkat pertama tersebut nilai dari, Adminduk jumlah Produk Layanan (PL) 10 dengan Nilai 99,46, kemudian Dinas Pendidikan PL 10 nilai 100, Dinas Kesehatan PL 10 nilai 98,15, serta Dinas Perizinan PL 31 dengan nilai 99,43. Maka dari 4 OPD tersebut dengan jumlah Produk Layanan 62 meraih Nilai sebesar 397,04 atau 99,26.**/rus




 
Berita Lainnya :
  • Sekda Kampar: Empat OPD Kunci Raih Penghargaan Layanan Publik Terbaik
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved