Pagi Tadi Banten Kembali Diguncang Gempa M5,2, Terasa di Jakarta dan Bogor
Senin, 17-01-2022 - 11:43:13 WIB
Pusat gempa Banten
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pagi ini, Senin (17/1/2022), gempa bumi M5,2 (sebelumnya M5,4) kembali mengguncang Bayah, Banten. Guncangan gempa dilaporkan terasa di Bogor dan Jakarta. Sementara hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,55 LS dan 105,83 BT.

"Gempa berlokasi di laut pada jarak 100 km arah barat daya Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 42 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Menurutnya, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi di zona subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Bambang juga mengatakan guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bayah, Pandeglang, Cikeusik, dan Panimbang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu)

Selain itu guncangan juga dirasakan di daerah Cikembar, Cireunghas, Pelabuhan Ratu, Sumur, Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Selatan (Jaksel), dan Tambun dengan skala intensitas II–III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” tutur Bambang.

BMKG juga mencatat hingga hari Senin, 17 Januari 2022 pukul 07.42 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan Magnitudo M3,9. BMKG pun meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***/ara







 
Berita Lainnya :
  • Pagi Tadi Banten Kembali Diguncang Gempa M5,2, Terasa di Jakarta dan Bogor
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved