Aisyah Pernah Ditegur Nabi Muhammad SAW karena Ghibah
Selasa, 30-11-2021 - 08:15:38 WIB
Ilustrasi Internet
TERKAIT:
 
 

BNEWS - Aisyah pernah ditegur oleh Nabi Muhammad SAW karena membicarakan keburukan seseorang. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan at-Tirmidzi.

Dari Aisyah, ia berkata, "Aku menceritakan (keburukan) seseorang kepada beliau. Lantas Rasul berkata, 'Aku tidak suka bercerita tentang seseorang dan aku mendapatkan ini dan itu.'"

Mantan Mufti Agung Mesir, Syekh Ali Jum'ah menjelaskan, ada godaan untuk ikut nimbrung bersama orang-orang yang membicarakan keburukan orang lain.

Padahal Allah SWT memerintahkan setiap Muslim senantiasa meninggalkan kelompok atau perkumpulan orang-orang yang bergunjing membicarakan keburukan orang lain.

"Siapa saja yang mendengar pembicaraan tentang orang lain yang penuh omong kosong, tetapi tidak terlibat dalam percakapan dengan mereka dan meninggalkannya, maka Allah SWT akan membalasnya atas kesabaran ini dengan surga," kata Syekh Ali Jum'ah.

Setiap Muslim yang mampu mengendalikan dirinya dan tidak terlibat dalam suatu pergunjingan, maka ia akan mampu mengendalikan dirinya atas pergunjingan-pergunjingan yang lain.

Sementara itu, Ulama Al-Azhar Kairo Mesir, Syekh Abu al-Yazid Salama menyampaikan penjelasan tentang obrolan tentang seseorang yang dibolehkan.

Dia memaparkan, jika obrolan tersebut membicarakan peristiwa yang terjadi tanpa menghubungkan dan menggambarkan orang dengan sifat-sifat yang buruk, lalu disampaikan fakta-fakta yang terjadi, maka itu dibolehkan.

Syekh Abu al-Yazid Salama menjelaskan, ghibah itu mengingatkan orang lain tentang sesuatu yang dibencinya dan menggambarkan orang lain dengan sifat-sifat yang buruk dan dibenci. Karena itu, seorang Muslim juga dilarang untuk ikut atau mendengar obrolan yang isinya ghibah tersebut.




 
Berita Lainnya :
  • Aisyah Pernah Ditegur Nabi Muhammad SAW karena Ghibah
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved