Kebakaran Lahan di Kampar Berhasil Dipadamkan Tim Reaksi Cepat
Senin, 04-10-2021 - 14:27:02 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, berhasil padamkan kebakaran lahan di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kebakaran lahan ini terjadi di areal perkebunan kelapa sawit dan diketahui terjadi pada pukul 12.00 WIB, Minggu (3/10/2021). Sementara penyebab dari peristiwa tersebut belum diketahui.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan resmi, Senin (4/10/2021), dalam proses pemadaman, TRC bersama tim satgas gabungan sempat mengalami kendala karena sumber air yang jauh dari titik lokasi kebakaran.

Akhirnya upaya pemadaman tersebut kemudian mendapat dukungan dari satgas udara dengan mengerahkan dua buah helikopter water bombing sebanyak 44 kali. Selain melakukan pemadamam, tim TRC juga melakukan pendataan sementara terkait kebakaran lahan tersebut.

"Berdasarkan kajian risiko InaRisk Badan Nasional Penanggulangan Bencana, wilayah Kabupaten Kampar memiliki tingkat risiko sedang hingga tinggi dalam kaitan kebakaran hutan dan lahan," ujaranya.

InaRisk BNPB mendata ada sebanyak 21 wilayah kecamatan yang masuk dalam kategori tersebut. Sementara itu, luas risiko lahan mencapai hingga 469.792 hektar.

"Melihat dari kajian risiko InaRisk tersebut, BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar mengambil langkah strategis, dalam rangka mitigasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti alam dan manusia," katanya.**/dai




 
Berita Lainnya :
  • Kebakaran Lahan di Kampar Berhasil Dipadamkan Tim Reaksi Cepat
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved