Sejumlah Ruas Tol dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia
Rabu, 29-09-2021 - 14:52:37 WIB
TERKAIT:
 
 

BNEWS - Sejumlah ruas jalan tol di Indonesia ternyata memiliki pemandangan indah luar biasa, menyejukkan mata dan mempesona. Saat lalu lalang di atas tol, kiri kanan jalan memancarkan aura sejuk dan nyaman oleh pemandangan elok alam sekitar. Tak puas mata memandangnya.

Tentu kita juga tergerak untuk melintasinya, mungkin suata kala akan ada kesempatan ke wilayah tol itu berada. Tak salah untuk mengetahui dimana saja posisi jalan tol dengan pemandangan indah tersebut. Berikut diantaranya.

1. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang

Sering disingkat Cipularang, jalan tol ini dibuka pada 2002 dan sering digunakan untuk mempersingkat waktu berkendara wisatawan dari Jakarta ke Bandung serta sebaliknya.

Jalan tol ini melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat. Medannya berada di pegunungan, sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi.

Jangan lupa menatap ke luar jendela mobil saat kendaraan melintasi dua jembatan kereta api yang memukau.

2. Tol Padalarang-Cileunyi

Jalan tol ini merupakan lanjutan dari Cipularang. Tidak hanya menghubungkan Jakarta dengan Bandung, ruas jalan ini juga menghubungkan ke Sumedang, Garut, Nagreg, Ciamis, Tasikmalaya, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur Melalui Jalan Nasional Rute 3.

Masjid berarsitektur modern nan megah, Al-Safar, merupakan rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bisa disambangi saat melewati jalur ini.

3. Tol Cikopo-Palimanan

Jalan tol ini yang dikenal dengan nama Cipali ini menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat serta bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Ruas jalan tol ini memperpendek jarak tempuh sejauh 40 km dan juga memotong waktu tempuh 1,5 sampai 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantai Utara Jawa Barat.

Tol Cikopo-Palimanan dikenal juga sebagai ruas jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia, setelah Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Sumatra. Di KM 181-182 ada batu yang dikeramatkan warga, yakni Batu Bleneng.

4. Tol Soreang-Pasirkoja

Kota Bandung dengan Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dihubungkan oleh jalan tol ini. Diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 2017, Tol Soreang-Pasirkoja juga terhubung oleh Jalan Tol Padaleunyi di sebelah utara.

Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Stadion Si Jalak Harupat bisa dilihat pelintas saat cuaca cerah

5. Tol Bawen-Salatiga

Keindahan ruas jalan tol ini didukung oleh kehadiran Gunung Merbabu yang megah. Meski pemandangan indahnya sayang untuk dilewatkan, pengelola jalan tol mengimbau pengemudi agar tidak ceroboh menghentikan kendaraan di pinggir jalan hanya untuk berfoto, karena dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Sebaiknya pengemudi bisa berhenti di rest area terdekat yang telah disediakan di sepanjang jalan tol.

6. Tol Pandaan-Malang

Di saat cuaca cerah, panorama Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru bisa dilihat pengguna jalan tol ini.

Diresmikan pada 2019, jalan tol ini menghubungkan daerah Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan Kota Malang, Jawa Timur.

Jalan tol ini menjadi akses utama yang menghubungkan antara Malang dengan Surabaya dan kota-kota lain di Pulau Jawa via jalan tol.

7. Tol Bali Mandara

Wisatawan yang pernah ke Bali sudah pasti pernah melintasi jalan tol ini, terutama saat hendak wisata ke kawasan Uluwatu atau Nusa Dua dari arah Kuta atau Seminyak.

Pemandangan matahari terbenam alias sunset bisa dengan mudah ditatap di sini saat melintas, baik oleh pengemudi kendaraan roda empat bahkan roda dua.

Beroperasi sejak 2013, Jalan tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama di Bali dan jalan tol kedua di Indonesia yang dibangun di atas laut setelah Jembatan Suramadu.

8. Tol Medan-Tebing Tinggi

Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan terhubung dengan Jalan Tol Belmera, ruas jalan tol ini menghubungkan Medan, Tebing Tinggi serta Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Hingga saat ini pembangunannya masih dalam tahap penyempurnaan. Setelah rampung, wisatawan bisa menyambangi kawasan Tebing Tinggi dari Medan dengan waktu tempuh sekitar satu jam.***/sumber: CNNIndonesia.com




 
Berita Lainnya :
  • Sejumlah Ruas Tol dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved