Hikmah
Keutamaan Datang ke Mesjid Lebih Awal Pada Hari Jumat bagi Kaum Laki-laki
Jumat, 20-08-2021 - 11:43:02 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Hari Jumat merupakan hari di mana Nabi Adam As diciptakan dan dimasukan ke dalam surga, seperti Sabda Rasulullah SAW: "Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu di mana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya." (HR. Muslim).

Hari Jumat adalah waktu berkumpulnya umat Islam khususnya kaum laki-laki untuk melaksanakan shalat Jumat di Mesjid. Namun terkadang karena kesibukannya, tidak sedikit yang menunda untuk bersegera datang ke masjid. Sebagian lagi mungkin lebih memilih menunggu sampai khatib naik mimbar untuk khutbah.

Keutamaan datang di awal waktu shalat Jumat sangat besar pahalanya, bahkan disetarakan seperti orang yang berkurban dengan unta. Dalam Musnad Imam Ahmad Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Nabi SAW bersabda:

"Jika tiba hari Jumat, para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jumat adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)."

Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah 'anhu, berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa mandi pada hari Jumat, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun."

Dengan melihat keistimewaan hari Jumat, tentu sudah menjadi keharusan bagi kaum laki-laki untuk datang di awal waktu shalat Jumat.***/int




 
Berita Lainnya :
  • Keutamaan Datang ke Mesjid Lebih Awal Pada Hari Jumat bagi Kaum Laki-laki
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved