Haiti Diguncang Gempa Dahsyat, Ratusan Orang Tewas
Minggu, 15-08-2021 - 11:59:35 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Haiti diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,2 skala richter tadi malam, Sabtu (14/8/2021) dan dikabarkan sedikitnya 304 orang tewas dan lebih dari 2.000 orang terluka. Gempa ini menyebabkan gereja, hotel, dan rumah runtuh dan menjadi puing-puing.

Pusat gempa diketahui berada 12 kilometer timur laut Saint-Louis-du-Sud, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa dirasakan hingga Kuba dan Jamaika.

Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat (AS) sempat mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah tersebut yang memperingatkan bahwa gelombang setinggi tiga meter bisa terjadi. Peringatan itu kemudian dicabut beberapa jam kemudian.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan setidaknya ada sembilan gempa susulan, dengan yang terbesar berkekuatann 5,2 skala richter.

Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry mengatakan pihaknya akan segera mengerahkan bantuan ke wilayah paling terdampak gempa tersebut.

"Kami akan membuat pengaturan yang diperlukan untuk membantu orang-orang yang terkena dampak gempa di Semenanjung Selatan,” ucap Henry, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (15/8/2021).

“Kami harus menunjukkan banyak solidaritas sehubungan dengan keadaan darurat. Pemerintah akan mengumumkan keadaan darurat. Kami akan bertindak cepat," sambungnya.

Sebelumnya, salah satu gempa bumi paling mematikan di dunia dalam satu abad terakhir terjadi di Haiti pada 12 Januari 2010. Menurut angka resmi, 316 ribu orang tewas dan 300 ribu terluka dalam gempa berkekuatan 7,0 skala richter yang terjadi di selatan negara itu.***/ara






 
Berita Lainnya :
  • Haiti Diguncang Gempa Dahsyat, Ratusan Orang Tewas
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved